Home Mobil Penyebab Harga Mobil Di Indonesia Naik Setiap Tahunnya

Penyebab Harga Mobil Di Indonesia Naik Setiap Tahunnya

1497
0

OTONITY.com – Hal-Hal yang menyebabkan Harga Mobil Naik. Hanya dalam beberapa bulan masa pemerintahannya Presiden Joko Widodo telah melakukan perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) sebanyak tiga kali. Banyak masyarakat beranggapan bahwa perubahan harga BBM tersebut turut mempengaruhi naiknya pula harga mobil yang terjadi saat ini. Namun ternyata bukan masalah tersebut yang menyebabkan kenaikan mobil melainkan naiknya ongkos transportasi pengiriman mobil.

Rudi Surjanto selaku Direktur Honda Surabaya Center (HSC) menjelaskan bahwa naik turunnya harga mobil dipengaruhi oleh empat faktor yaitu kurs mata uang rupiah terhadap asing, upah minimum pekerja pabrik, inflasi dan yang terakhir kebijakan pemerintah terkait bea balik nama.

Rudi menambahkan kenaikan harga yang terjadi pada Honda juga tidak jauh berbeda dengan pabrikan lain yaitu upah minimum pekerja tinggi di daerah pekerjaan, seperti yang kita ketahui bahwa mobil Honda diproduksi di kabupaten Karawang, Jawa Barat. Selain itu nilai tukar rupiah terhadap dolar yang terus memburuk menjadi alasan utama kenapa harga mobil Honda ikut naik.

Tentu saja dengan melemahnya nilai tukar rupiah tersebut sangat mempengaruhi harga spare part yang didatangkan langsung dari Jepang. Menurut Rudi meskipun pemerintah sudah melakukan penurunan harga sebanyak dua kali namun dirinya menegaskan bahwa harga BBM tersebut tidak terlalu berpengaruh. Terlepas dari semua itu memang semua pabrikan mobil melakukan berbagai perubahan desain maupun mesin pada setiap modelnya sehingga secara otomatis harganya pun turut diperbarui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here