Home Motor Motor Matik Bahaya Menerobos Genangan Banjir Bagi Motor Matik

Bahaya Menerobos Genangan Banjir Bagi Motor Matik

2786
0

OTONITY.com – Mengatasi Motor Matik Rusak Ketika Terkena Genangan Air. Memasuki bulan Februari ini curah hujan semakin tinggi yang melanda berbagai daerah di Indonesia. Tidak terkecuali kota-kota besar yang sering sekali mengalami banjir pada ruas-ruas jalan. Hanya saja bagi beberapa pengendara motor khususnya matik masih banyak yang mencoba untuk menerobos banjir.

Padahal memaksa untuk menerobos banjir bagi motor matik sangatlah berbahaya karena bisa saja komponen mesin kemasukan air, seperti yang dijelaskan oleh Syarif Hidayat selaku Technical Instructor PT Daya Adicipta Mustika diler utama sepeda motor Honda di Jawa Barat bahwa sebaiknya para pengendara jangan memaksa untuk melewati genangan yang terlalu tinggi.

Syarif menambahkan jika tetap menerobos dikhawatirkan air masuk ke dalam mesin melalui lubang knalpot sehingga mengakibatkan motor menjadi mogok. Menurutnya tidak ada perbedaan baik motor matik tersebut masih karburator maupun injeksi atau eSP.

Sebenarnya sistem injeksi, eSP maupun Blue Core sama saja karena itu hanyalah teknologi dan bukan sebuah perangkat keamanan komponen. Hanya saja pada beberapa model motor matik terbaru sudah dilengkapi dengan soket yang kedap air sehingga bagi beberapa komponen listrik tidak akan terjadi korseleting.

Hanya saja apabila yang kemasukan air adalah ruang CVT tentu lebih berbahaya sekali karena bisa mengakibatkan V-Belt tidak mampu memutar roda akibat terkena kotoran maupun air. Jika sudah terjadi demikian maka satu-satunya cara adalah membawanya ke bengkel resmi dan harus dikeringkan terlebih dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here