Cara Merawat ECU Mobil Yang Benar Agar Tetap Awet

0

OTONITY.com – Tips Membersihkan ECU Mobil. Bagi beberapa mobil keluaran terbaru dan sudah dilengkapi fitur canggih pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teknologi Electronic Control Unit atau biasa disingkat ECU. Fitur ini berfungsi dalam mengatur kinerja mesin mobil sehingga lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mobil lainnya.

Tentu saja perangkat canggih ini bisa saja mengalami kerusakan dan untuk mendeteksinya perlu menggunakan komputer sehingga tidak bisa diperbaiki di bengkel biasa. Untuk itulah sebelum terjadi kerusakan alangkah baiknya merawat ECU mobil tersebut secara teratur.

Sebab apabila ECU mengalami masalah biaya untuk memperbaikinya cukup mahal, kebanyakan kerusakan pada fitur ini terjadi karena terkena air sehingga menyebabkan korseleting pada mesin elektronik didalamnya. Ada beberapa cara mudah cara merawat ECU tersebut misalnya saja menjaga supaya kondisinya selalu kering.

Pastikan apabila anda mencucinya sendiri tutup terlebih dulu ECU menggunakan plastik supaya tidak terkena air. Biasanya letak alat ini berbeda-beda setiap merek mobil karena ada yang berada di dalam mesin namun ada juga terdapat di ruang kabin.

Langkah berikutnya selalu periksa bagian mesin karena kinerja ECU juga tergantung dengan kondisi dapur pacu tersebut. Apabila selalu dirawat dengan benar dan rutin maka dipastikan ECU pun juga semakin awet. Yang terakhir adalah selalu periksa pula kondisi kelistrikan seperti terminal aki atau bagian lain. Jika terdapat robek pada kabel maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY