Tips Melepas Dan Memasang Busi Motor Yang Benar

0

OTONITY.com – Cara Mengganti Busi Motor Yang Mudah. Busi pada sepeda motor memang mempunyai peran yang sangat penting karena merupakan penghantar pengapian bahan bakar ke dalam mesin. Jika sampai komponen ini rusak, terkena air hingga berkarat, aus dan lain sebagainya maka motor pun menjadi tidak akan menyala sehingga satu-satunya cara adalah menggantinya dengan yang baru.

Meskipun terlihat sangat mudah namun sebenarnya cara melepas busi dari motor ini cukup ribet dan tidak boleh dibuka oleh sembarangan orang. Kunci yang digunakan pun juga harus khusus dan sesuai agar tidak rumah busi tidak slek.

Jika anda ingin membuka busi motor sendiri ada beberapa tips yang harus diperhatikan pertama pastikan mesin dalam kondisi dingin serta kunci busi sesuai dan usahakan memakai kunci yang panjang, setelah itu masukkan besi atau obeng ke antara lubang kunci busi lalu putar kearah yang berlawanan jarum jam.

Cara Mengganti Busi Motor

Jika terasa berat putar secara perlahan terlebih dulu agar tidak slek dan apabila sudah terlepas periksa busi tersebut apakah masih layak digunakan atau tidak. Busi yang dalam keadaan sudah aus ujungnya berwarna hitam pekat atau terdapat kerak disekitarnya.

Sebelum memasukkan busi yang baru bersihkan terlebih dulu menggunakan kain kering agar tidak terdapat kotoran maupun air, setelah itu masukkan ke dalam rumahnya dan putar dengan arah jarum jam. Agar semakin rapat gunakan kunci busi dan obeng di lubangnya lalu putar secara perlahan hingga pas.

Jika sudah terpasang dengan benar silahkan anda kick starter sebanyak lima kali dengan keadaan kunci motor off setelah itu baru gunakan starter tangan dan motor pun dipastikan kembali hidup kembali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY