Yamaha WR250R Belum Bisa Diproduksi Di Indonesia Dalam Waktu Dekat!

0

OTONITY.com – Motor Yamaha WR250R Terbaru 2015 di Indonesia. Memasuki bulan Februari 2015 ini persaingan pasar motor sport berjenis trail di Indonesia semakin sengit dengan hadirnya New Yamaha WR250R 2015 dengan harga mencapai Rp 93 jutaan. Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang mengakui kalau banderol tersebut memang tergolong mahal dibandingkan pesaing terdekatnya yaitu Kawasaki KLX 250S yang dijual dengan harga hanya Rp 61,4 juta.

Hal itu disebabkan karena Yamaha WR250R 2015 masih didatangkan secara utuh dari Jepang sehingga harus mendapatkan biaya ekstra. Muhammad Abidin selaku GM Servis dan Motor Sport YIMM menegaskan bisa saja Yamaha WR250R ini dijual dengan harga lebih murah dengan cara mengimpor secara terurai yang kemudian dirakit sendiri di dalam negeri. Meskipun demikian tetap saja harus ada beberapa peraturan yang harus dilakukan agar rencana tersebut bisa terlaksana.

Menurut Abidin Salah satunya adalah permintaan Yamaha WR250R di Indonesia harus di atas 10.000 unit selama satu tahun, tentu untuk meraih total penjualan tersebut nampaknya sangat sulit teralisasi mengingat pasar motor sport trail di tanah air tergolong masih rendah tidak seperti jenis motor matik yang bisa terjual hingga jutaan unit. Abidin menambahkan saat ini permintaan pasar motor trail di Indonesia hanya berkisar 2.000 unit saja setiap tahunnya baik secara non legal maupun produk legal atau resmi bisa digunakan di jalan raya.

Sedangkan untuk penjualan Yamaha WR250R sendiri melalui dealer penjualan CBU Yamaha yaitu Mekar Motor hanya mampu terjual sebanyak 300 unit saja setiap tahunnya. Menurut Abidin dirinya optimis untuk kedepannya pihak Yamaha Indonesia bisa merakit motor trail ini secara lokal mengingat produsen berlogo garpu tala ini memiliki dua pabrik di Indonesia dengan rata-rata produksi mencapai dua juta unit lebih setiap tahunnya.

Yamaha-WR250R-2014

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa Yamaha WR250R 2015 mempunyai banyak sekali kelebihan termasuk dengan dibekalinya dapur pacu berkapasitas 250 cc mesin fuel injection dan disandingkan teknologi DOHC, 1 silinder, enam percepatan yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 30 hp pada putaran 10.000 rpm dan torsi puncak hingga 23,7 Nm diputaran 8.000 rpm. Sementara itu untuk mempermudah pengendara sudah tersedia pilihan starter electric dan juga kick starter.

Bisa dikatakan motor trail ini sangat ringan sekali karena telah memakai rangka semi duble cradle dari bahan aluminium sehingga lebih lincah saat digunakan untuk berpetualang. Selain itu untuk menunjang kekuatannya dibagian depan telah terpasang suspensi upside down dan swing arm untuk bagian belakang. Bodinya semakin kekar dengan dukungan velg berukuran 21 inci dan ban 80/100 di depan dan velg 18 inci serta ban 120/80 untuk yang belakang. tentu saja kedua roda tersebut sudah dilengkapi rem cakram meskipun belum mengusung teknologi ABS.

Untuk bodinya sendiri Yamaha WR250R 2015 memiliki panjang sekitar 218 mm, lebar 80 mm dan tinggi mencapai 120 mm dengna jarak jok dengan tanah 930 mm. Uniknya pihak Yamaha Indonesia telah menyediakan segmen street legal untuk motor terbarunya ini sehingga bakal dilengkapi dengan surat-surat bermotor termasuk plat kendaraan. Hal ini memang sengaja dilakukan oleh pihak YIMM agar penggemar off road bisa mengendarai motornya tidak hanya di trek berlumpur saja namun juga bisa memakainya di jalan aspal perkotaan.

Sebelumnya pihak YIMM juga sudah menjual Yamaha WR250F dan juga Yamaha YZ250F namun kedua varian tersebut sengaja diproduksi hanya untuk ajang kompetisi saja bukan seperti Yamaha WR250R yang bisa digunakan secara bebas. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari pihak Yamaha Indonesia dan semoga saja untuk kedepannya bisa memproduksi Yamaha WR250R secara lokal agar harganya bisa semakin terjangkau.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY