Home Mobil Toyota Indonesia Ekspor 15.000 Unit Mobil Di Bulan Januari 2015

Toyota Indonesia Ekspor 15.000 Unit Mobil Di Bulan Januari 2015

1326
0

OTONITY.com – Ekspor Mobil Toyota Indonesia Alami Kenaikan Awal Tahun 2015. Secara perlahan namun pasti kini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai diakui oleh negara lain. Bahkan pada Januari 2015 ini saja pihak Toyota Indonesia sudah mengekspor 15.000 unit ke beberapa negara atau naik hingga 53 persen dibandingkan Januari tahun 2014 lalu yang hanya 9.800 unit saja. Uniknya berbeda di Indonesia yang mengandalkan mobil berjenis MPV yaitu Toyota Avanza sebagai paling laris, untuk versi ekspor ini justru penyumbang paling banyak adalah Toyota Fortuner dengan total mencapai angka 4.400 unit atau sekitar 29 persen.

Sementara itu meskipu di pasar tanah air mobil sedan sedang mengalami penurunan namun pihak TMMIN justru mempercayakan Toyota Vios untuk di ekspor, bahkan selama bulan Januari 2015 sudah terkirim sebanyak 3.700 unit atau menyumbang sebanyak 25 persen. Berikutnya ada Toyota Kijang Innova dengan ekspor hingga 1.300 unit serta Toyota Avanza sebanyak 3.700 unit.

Selain itu ada juga beberapa varian lain yang turut di ekspor meskipun dalam jumlah tidak begitu besar seperti hatchback Toyota Yaris dan Toyota Agya, lalu Toyota Rush serta Toyota Town Ace dengan total keseluruhan di ekspor sebanyak 2.000 unit. Menurut Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur TMMIN pihaknya sangat optimis kalau ekspor mobil Toyota Indonesia bisa mencapai target yang telah ditentukan yaitu sebanuak 175 ribu unit untuk tahun ini atau naik 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Beliau juga menambahkan selain mengekspor dalam bentuk utuh pihak Toyota Indonesia juga mengirim kendaraannya dalam bentuk terurai atau Complete Knock Down (CKD) dengan total sebanyak 2.400 unit. Tidak hanya itu saja TMMIN turut mengrim berbagai peralatan penunjang produksi ke berbagai negara tujuan termasuk alat untuk pengepresan dan juga alat bantu dalam proses pengelasan.

Toyota Avanza Ekspor Ke Timur Tengah 2014

Sementara I Made Dana Tangkas selaku Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN menegaskan bahwa nilai ekspor Toyota Indonesia selama bulan Januari 2015 ini saja telah mencapai lebih dari 13,8 miliar dolar. Angka tersebut bisa dikatan sebagai bukti bahwa Toyota Indonesia sudah menunjukkan kualitasnya karena mulai dipercaya oleh berbagai negara sebagai produsen kendaraan.

Sekedar info bahwa TMMIN pertama kali didirikan pada bulan April 1971 dengan nama PT Toyota Astra Motor (TAM) yang 95 persen sahamnya dipegang oleh Toyota Motor Corporation dan 5 persen untuk PT Astra International. Toyota Indonesia sendiri mempekerjakan 8.800 karyawan dengan memiliki banyak sekali pabrk seperti di sunter Jakarta Utara dan juga di kawasan industri Karawang Jawa Barat.

Sementara itu tujuan ekspor dari TMMIN sendiri tidak hanya di kawasan Asia saja namun juga mulai merambah benua lain sperti Afrika dan Amerika. Toyota Kijang Innova misalnya dikirim ke beberapa negara Asean seperti Thailand, Brunei Darussalam dan negara timur tengah Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Oman hingga Afrika Selatan, Karibia dan Amerika Latin.

Sedangkan bagi Toyota Fortuner ke berbagai negara tujuan misalnya saja Filipina, Nigeria, Ghana, Amerika Latin, Karibia, Yaman, Oman, Kuwait, Suriah, Lebanon, Arab Saudi, Jordania, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Toyota Avanza menjadi varian yang paling banyak memiliki negara tujuan seperti Nepal, Jordania, Libanon, Tahiti, Nigeria, Mozambique, Kenya, Angola, Madagaskar, Mauritius, West Afrika, Pakistan, Fiji, Zimbabwe, Malawi, Zambia, Seychelles, Bahrain, Yaman, Sri Lanka, Bangladesh, Meksiko, Filipina, Suriah, Mesir, Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Thailand, Brunei Darussalam dan Afrika Selatan.

Sementara itu Toyota Town Ace di ekspor ke negara Jepang dan Toyota Rush ke Malaysia serta Toyota Agya ke Filipina. Tidak ketinggalan pula Toyota Yaris juga turut di ekspor ke Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam serta Toyota Vios ke Kuwait, Oman, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Libanon, Qatar, Yaman, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Jordania dan Bahrain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here