Home Motor Motor Sport New Yamaha R3 2015 ABS Segera Dirilis, Tidak Dijual Di Indonesia!

New Yamaha R3 2015 ABS Segera Dirilis, Tidak Dijual Di Indonesia!

3795
0

OTONITY.com – Motor Yamaha R3 ABS Terbaru 2015 Segera Diluncurkan. Beberapa tahun belakangan ini motor sport khususnya segmen R Series menjadi fokus utama yang digarap oleh Yamaha Motor Company. Bahkan dalam waktu dekat ini atau tepatnya pada tanggal 20 April 2015 mendatang pabrikan berlogo garpu tala tersebut sudah mempersiapkan Yamaha R3 yang telah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS. Sementara itu untuk dapur pacunya sendiri sportbike terbaru ini akan memakai mesin berkapasitas 320 cc, itu berarti secara otomatis Yamaha R3 bakal berada di atas Yamaha R25 yang hanya memiliki mesin 250 cc dan sudah terlebih dulu diluncurkan di berbagai negara.

Hadirnya mesin berkapasitas 320 cc pada Yamaha R3 tersebut membuat motor sport keren ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 42 ps dan diklaim lebih seimbang dan mudah dikendalikan daripada Yamaha R25. Kabarnya Yamaha YZF-R3 ABS 2015 ini untuk pertama kalinya bakal dijual di negara Jepang dengan harga mencapai 631.800 yen atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 68,3 juta dan tersedia dalam tiga varian warna yang sangat menarik yaitu merah dipadukan putih, biru silver dan black metallic.

Namun anehnya meskipun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ditunjuk sebagai pemasok tunggal unit Yamaha R3 ke berbagai negara tujuan ekspor ternyata YIMM sendiri justru tidak memasarkan motor sport tersebut ke masyarakat tanah air. Hal itu diungkapkan langsung oleh Mohammad Masykur selaku Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia bahwa ada beberapa alasan mengapa Yamaha R3 tidak dijual di Indonesia.

Salah satu alasannya adalah mesin dari motor sport anyar ini mencapai 321 cc dan itu berarti melewati batas beban pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah indonesia yaitu sebesar 60 persen untuk semua varian sepeda motor mempunyai mesin di atas 250 cc. Tentu saja jika dipaksakan untuk dipasarkan harga dari Yamaha R3 menjadi sangat mahal sekali dan bahkan bisa saja mendekati angka Rp 100 juta.

Yamaha R3 ABS 2015 Terbaru

Masykur menambahkan harga yang tergolong mahal tidak cocok untuk masyarakat Indonesia meskipun motor tersebut mempunyai tampilan sangat stylish. Menurutnya Yamaha R25 bisa cocok untuk pecinta motor sport di tanah karena selain memiliki desain garang juga dibanderol cukup murah karena diproduksi di dalam negeri serta tidak melewati batas PPnBM. Pesaing Honda CBR250R tersebut bahkan langsung terjual hingga ribuan unit berselang beberapa saat setelah diperkenalkan ke publik.

Sedikit info bahwa New Yamaha YZF-R3 ini merupakan versi bore up dari mesin Yamaha R25 dan diproduksi di pabrik YIMM yang berada di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sedangkan untuk desain memang hampir mirip seperti saudaranya tersebut hanya saja dari segi dimensi memang Yamaha R3 terlihat lebih bongsor.

Kabarnya pihak Yamaha Indonesia tidak hanya di ekspor ke Jepang saja namun juga turut dikirim ke beberapa negara di benua lain seperti Eropa dan Amerika Latin. Sementara itu Yamaha R3 khusus untuk pasar Eropa nanti hanya boleh dimiliki oleh konsumen yang telah memiliki SIM European A2 atau SIM khusus bagi pengendara dengan sepeda motor bertenaga di atas 35 KW dan disesuaikan dengan regulasi yang ada di kawasan tersebut.

Semoga saja untuk kedepannya pihak Yamaha Indonesia bisa menjual motor sport ini ke tanah air karena tidak menutup kemungkinan ada juga masyarakat yang menyukai mesin berkapasitas lebih besar meskipun harganya nanti dipastikan jauh lebih mahal. Kita tunggu saja perkembangan berikutnya dan waktu peluncuran pada April mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here