Home Chevrolet Pabrik GM Indonesia Dipastikan Berhenti Beroperasi Bulan Juni 2015

Pabrik GM Indonesia Dipastikan Berhenti Beroperasi Bulan Juni 2015

2069
0

OTONITY.com – Pabrik Mobil GM Indonesia Resmi Ditutup Pertengahan Tahun 2015. Kabar mengejutkan datang dari salah satu pabrikan otomotif terbesar asal Amerika Serikat yang ada di Indonesia yaitu General Motors (GM). Pihaknya mengumumkan bahwa terhitung mulai Juni 2015 nanti pabrik yang memproduksi mobil Chevrolet di kawasan Bekasi, Jawa Barat tersebut akan berhenti beroperasi. Hal ini disampaikan langsung oleh Tim Zimmerman selaku Presiden GM Asia Tenggara bahwa alasan ditutupnya pabrik GM di Indonesia karena masalah finansial, bukan disebabkan kualitas sebuah produksi yang dihasilkan oleh pabriknya.

Sebagai gantinya GM Indonesia memilih untuk berperan sebagai distributor importir kendaraan jadi saja dibandingkan harus mengelolanya sendiri di pabrik yang ada di Indonesia. Sementara itu, Stefan Jacob selaku Wakil Presiden Eksekutif GM dan Presiden GM International menambahkan bahwa harga bahan baku setiap tahun mengalami peningkatan serta pasokan komponen lokal masih terlalu sedikit sehingga produksi Chevrolet Spin pun juga turut terganggu.

Sedikit info pabrik General Motors di Indonesia mulai beroperasi pada tahun 1995 dan sempat berhenti di tahun 2005, namun kembali beroperasi kembali mulai bulan Mei 2013 dan lagi-lagi bakal kembali berhenti produksi Juni 2015 mendatang. Tentu saja dengan ditutupnya pabrikan GM tersebut secara otomatis juga berdampak kepada ratusan karyawan yang di pekerjakannya. yakni setidaknya ada 500 pegawai di pabrik yang berada di Bekasi.

Sementara itu menurut Zimmerman produksi Chevrolet Spin bakal tetap diproduksi di Indonesia hingga bulan Juni mendatang, itu berarti stoknya diperkirakan masih tersedia sampai akhir tahun 2015 atau setidaknya hingga awal 2016. Sayangnya pihak GM sendiri masih belum memberikan keterangan bagaimana nantinya mereka akan mendatangkan mobil MPV tersebut ke Indonesia setelah pabriknya ditutup. Namun tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan Chevrolet Spin terbaru dari negara lain yang sama-sama memproduksi seperti India, Thailand atau Brasil.

Pabrik Chevrolet Indonesia Tutup

Sedikit informasi bahwa di tahun 2014 yang lalu Suzuki Spin di Indonesia hanya terjual 8.500 unit saja padahal pabrik GM mampu memproduksi hingga 40.000 kendaraan setiap tahunnya. presiden GM Indonesia yaitu Michael Dunne memilih mengundurkan diri pada akhir Februari ini dengan alasan ingin memulai kegiatan bisnis pribadinya.

Meskipun akan tutup pada pertengahan tahun ini namun menurut Jacoby bagi pemilik mobil Chevrolet di Indonesia tidak perlu khawatir karena suku cadang dan juga garansi tetap berlaku sesuai dengan peraturan. Sebenarnya kabar mengenai ditutupnya pabrik GM tersebut sangat disayangkan sekali, sebab pasar mobil khususnya MPV di tanah air cukup potensial dan tergolong paling tinggi dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia tenggara. Hanya saja karena ada beberapa faktor termasuk masalah finansial membuat pabrik terbesar ini memilih untuk hengkang dari Indonesia.

Selain memproduksi Chevrolet Spin General Motors Indonesia juga membuat beberapa produk seperti Chevrolet Orlando, Chevrolet Captiva dan Chevrolet Trailblazer. Pihak GM Indonesia sendiri berharap walaupun sudah tidak memproduksinya di Indonesia namun masih bisa menjual berbagai varian tersebut di pasar tanah air meskipun harus mendatangkannya secara utuh dari luar negeri dengan asumsi banderolnya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan harga sebelumnya.

Semoga saja GM masih bisa berkontribusi di persaingan pasar tanah air dan tetap bisa memberikan yang terbaik bagi pelanggannya mengingat pabrikan ini sudah cukup terkenal di dunia. Kita tunggu saja apa rencana dari produsen asal Amerika tersebut mengingat beberapa waktu yang lalu mereka juga telah melakukan kerja sama dengan salah satu pabrikan asal Tiongkok untuk membuat mobil murah di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here