Home Aksesoris Kelebihan Kekurangan Memasang Box Belakang Pada Sepeda Motor

Kelebihan Kekurangan Memasang Box Belakang Pada Sepeda Motor

4283
0

OTONITY.com – Keuntungan Kerugian Pasang Box Tambahan Pada Motor. Dengan semakin beragamnya kebutuhan masyarakat kini motor pun juga turut disesuaikan agar bisa memuat barang bawaan lebih banyak. Salah satunya adalah dengan menambahkan boks tambahan dibagian belakang atau biasa dikenal Box Utility. Namun ternyata memasang aplikasi ini pada sepeda motor tidak sepenuhnya dibenarkan pasalnya harus mematuhi berbagai aturan supaya selama berkendara tetap merasa nyaman dan yang paling penting aman bagi diri sendiri maupun pengendara lainnya.

Memang memasang Boks tambahan mempunyai banyak kelebihan misalnya saja dapat menampung barang bawaan yang berukuran cukup besar atau banyak, misalnya saja seperti untuk kegiatan touring yang mengharuskan rider membawa perlengkapan lebih. Selain itu dengan memasang aksesoris ini juga membuat bodi motor terlihat lebih gagah dan keren.

Namun dibalik semua kelebihan tersebut ternyata tidak sedikit pula kerugian yang harus dialami pengendara, misalnya saja kinerja mesin akan bertambah berat karena boks kosong saja bobotnya sudah lebih dari 1 kg, jadi apabila ditambahkan barang-barang bawaan maka secara otomatis juga akan semakin berat. Yang kedua sebenarnya di dalam buku panduan sepeda motor tidak dianjurkan untuk memasangkan berbagai aksesoris ataupun modifikasi karena untuk mengantisipasi kerusakan pada bodinya.

Mungkin tidak masalah apabila pabrikan memang sengaja merancang motor tersebut untuk kegiatan touring namun apabila kendaraan tersebut hanya berjenis motor bebek atau motor kecil lainnya maka sangat tidak dianjurkan karena bisa membahayakan pengendara lain dan tidak menutup kemungkinan justru mengakibatkan kecelakaan ketika terjadi benturan.

kelebihan kekurangan menggunakan boks motor 2015

Anehnya masih ada saja pengendara yang menganggap bahwa dengan terpasangnya boks motor tersebut bisa menimalisir apabila terjatuh saat bersenggolan karena motor tidak langsung menyentuh tanah namun masih terhalang boks tersebut, padahal hal itu hanya menguntungkan dirinya sendiri tanpa memikirkan kebutuhan orang lain yang sama-sama pengguna jalan.

Selain itu ada juga yang beranggapan kalau boks dibelakang bisa memberikan sandaran bagi penumpangnya, meskipun terlihat nyaman tetapi bisa saja suatu saat tiba-tiba tiang penyangga patah dan justru membahayakan penumpangnya apabila terjatuh. Tanpa disadari dengan memasang boks belakang tersebut justru membuat penumpang kesulitan untuk naik ke atas motor karena terhalang oleh benda.

Kerugian yang paling jelas adalah menambah kesulitan apabila ingin parkir di tempat umum, tukang parkir pun juga semakin kesulitan apabila harus memindahkan kendaraan tersebut karena ruang bergerak menjadi terbatas. Itulah beberapa kerugian yang akan anda alami jika tetap memaksakan memakai aksesoris boks di sepeda motor. Hanya saja bagi anda yang memang sangat membutuhkan lebih baik memasang boks tersebut dengan ukuran kecil saja, namun apabila barang bawaan anda hanya mantel maupun jas hujan saja alangkah baiknya taruh di tas ransel atau jika memang terpaksa bisa menggunakan bungee cord yaitu seperti tali karet tebal yang dikaitkan di antara samping jok.

Baca Juga:

Sebaiknya sebelum anda memasangkan boks fikir terlebih dulu apakah benar-benar perlu memasang aksesoris tersebut atau hanya ingin gaya dan mengikuti teman saja? Bisa anda bayangkan bagaimana bahayanya mengendarai motor yang mempunyai beban di samping dan sedang berada di tengah kemacetan, pasti bertambah kesulitan untuk bisa menembus keramaian dan tentu saja waktu anda semakin terbuang dengan percuma.

Perlu anda ketahui harga aksesoris boks tambahan pun juga tidak tergolong murah yaitu paling rendah sekitar Rp 200 ribuan hingga yang paling mahal mencapai harga Rp 1 jutaan lebih tergantung merek dan juga bahan dari boks tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here