Home Motor Ciri-Ciri Motor Bekas Yang Pernah Terendam Banjir

Ciri-Ciri Motor Bekas Yang Pernah Terendam Banjir

2240
0

OTONITY.com – Cara Cek Motor Bekas Yang Pernah Terendam Air Banjir. Permintaan motor bekas di Indonesia ternyata cukup bagus mengingat harganya yang tentu saja jauh lebih rendah namun memiliki kualitas bagus asalkan bisa memilih dengan tepat. Hanya saja para konsumen juga harus teliti dalam membeli motor bekas pasalnya tidak sedikit yang ternyata pernah terkena banjir. Sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut anda tinggal mengajak mekanik atau orang yang sudah berpengalaman dalam urusan mesin.

Namun perlu anda ketahui di jaman yang serba modern ini sudah semakin banyak penjual motor bekas berpengalaman sudah mengganti berbagai part baik luar maupun dalam sehingga membuat motor menjadi tidak terlihat kalau sebenarnya pernah terendam banjir. Ada beberapa trik supaya anda sebagai calon pembeli tidak tertipu dalam memilih kendaraan yang diinginkan.

Cara yang pertama bisa anda lihat di antara sambungan stiker dibagian bodinya, apabila diantara sambungannya terdapat kecoklatan seperti lumpur bisa jadi motor tersebut pernah terendam banjir. Namun apabila motor terlihat sangat bersih mungkin si pemilik sebelumnya sudah mencucinya terlebih dulu dan untuk mengetahui ciri-ciri kedua silahkan periksa kabel-kabel yang terdapat dibalik bodi, apabila ada endapan seperti lumpur maupun pasir maka tidak menutup kemungkinan juga pernah kebanjiran.

Langkah berikutnya cek bagian tombol-tombol motor seperti sein, starter hingga lampu. Apabila terjadi seet dan di sela-selanya terdapat pasir kemungkinan besar pernah terendam air hingga ke atas. Selain itu jangan sungkan-sungkan untuk menyalakan motor tersebut dan coba anda dengar suaranya, biasanya kedaraan yang pernah terendam banjir suara mesin akan sedikit kasar karena terkena air atau bisa juga masuk kebagian pelumas.

Cara Memilih Motor Bekas

Hindari memilih motor yang memiliki suara tidak nyaman tersebut pasalnya meskipun belum pernah terkena banjir, suara motor juga mengindikasikan kalau kendaraan tersebut sedang mengalami masalah pada bagian mesin sehingga perlu tambahan biaya untuk memperbaikinya. Sementara itu khusus untuk motor matik anda perlu membuka boks CVT dan apabila di dalam komponen tersebut banyak yang terdapat pasir bisa dipastikan motor tersebut pernah terendam banjir. jangan lupa periksa pula bagian pelumas apakah warnanya masih normal atau terlihat kecoklatan.

Apabila anda ingin membeli motor bekas berkualitas dan dalam keadaan normal baik dari eksterior serta interiornya anda bisa mendatangi showroom jual beli motor bekas yang sudah terkenal kualitasnya. Biasanya showroom seperti itu sangat terjamin dan terpercaya sehingga tidak perlu diragukan oleh konsumennya. Namun apabila terpaksa membeli melalui pemiliknya secara langsung alangkah baiknya anda sebagai calon pembeli mengajak mekanik yang sudah berpengalaman untuk menghindari penipuan.

Jadi yang perlu anda ketahui adalah tidak semua showroom maupun penjual tersebut akan berbicara terus terang apakah kendaraan yang dijualnya pernah terkena banjir atau belum. Namun jika anda tidak berniat untuk meneruskan negosiasi motor bekas tersebut lebih baik menolaknya dengan cara yang halus supaya tidak menimbulkan salah paham antara dua pihak.

Akan tetapi jika anda sudah sangat yakin kalau motor tersebut belum pernah terendam banjir maka jangan lupa periksa pula berbagai kelengkapannya seperti surat kendaraan dan juga BPKB apakah sesuai dengan nomor rangka kendaraan, hal ini sangat penting sekali dilakukan karena apabila motor tersebut tidak memiliki surat yang lengkap bisa saja kendaraan tersebut hasil curian. Hindari membeli motor seperti ini meskipun dibanderol dengan harga murah namun resiko yang anda dapatkan juga semakin besar dan justru bisa berhadapan dengan hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here