Home Honda Honda Indonesia Siap Ekspor 50 Ribu Motor Matic Ke Filipina

Honda Indonesia Siap Ekspor 50 Ribu Motor Matic Ke Filipina

1442
0

OTONITY.com – Motor Matic Honda Diekspor Ke Filipina Bulan Juli 2015. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) secara resmi mulai memasarkan skuter andalan terbarunya yaitu Suzuki Address untuk dikirimkan ke 24 negara di tiga benua seperti Pasifik, Asia dan Eropa. Namun ternyata PT Astra Honda Motor (AHM) juga tidak mau kalah ketinggalan dengan berencana turut menjual berbagai motor mereka ke salah satu negara Asean yaitu Filipina pada pertengahan tahun 2015 ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Saleh Husin selaku Menteri Perindustrian bahwa pabrikan berlogo sayap kepak itu sudah siap menerbangkan setidaknya 50 ribu unit motor ke Filipina. Saleh menambahkan sebelumnya AHM juga telah mengekspor beberapa model andalannya ke Timur Leste.

Sementara itu menurut Soerjono selaku Dirrektur Alat Transportasi Darat Kementrian Perindustrian menjelaskan jumlah ekspor motor matik Honda ke Filipina tersebut hanya sebagai langkah awal saja karena dari negara tersebut meminta untuk dikirimkan, itu berarti untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan AHM juga bakal mengirim motor ke berbagai negara lain, Soerjono menambahkan saat ini angka ekspor sepeda motor jumlahnya masih jauh terlalu kecil dibandingkan dengan konsumsi dalam negeri.

Meskipun demikian bisa dikatakan pengiriman sepeda motor buatan Indonesia ke berbagai negara sudah mulai membaik, misalnya saja menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) selama tahun 2013 yang lalu total ada 17.135 unit motor telah di ekspor, sedangkan pada tahun 2014 kemarin jumlahnya semakin membaik dan bahkan meningkat hingga 41.746 unit.

Motor Matik Honda Indonesia

Sedangkan dari pihak Honda Indonesia sendiri melalui Johannes Loman selaku Wakil Direktur PT AHM menegaskan untuk tahap awal memang pihaknya masih mengekspor satu segmen saja yaitu motor matik, namun dirinya berharap pada beberapa tahun kedepan bisa mulai mengirim model lain seperti motor bebek, underbone atau bahkan motor sport.

Sekedar info sebelumnya motor matik Honda buatan matik juga sudah dikirim ke Timur Leste namun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak yakni hanya 3.872 unit di tahun 2013 dan 4.410 unit pada tahun 2014 kemarin. Sedangkan data AISI mencatat di awal 2015 ini motor Honda yang terjual mampu menyentuh angka 340.329 unit dari total penjualan yang mencapai 513.816 unit. Itu berarti motor Honda menyumbang sebanyak 66,24 persen di seluruh Indonesia.

Memang Honda Indonesia menjadi produsen yang paling laris di Indonesia dengan berbagai motor andalan seperti skuter Honda BeAT dan juga Honda Vario, selain itu di segmen bebek ada Honda Spura X serta Honda Revo yang juga masih mendominasi pasar otomotif nasional. Sedangkan bagi Suzuki Indonesia sendiri dimulainya ekspor ke beberapa negara tujuan pada tahun 2015 ini merupakan sejarah baru bagi mereka.

Pasalnya Suzuki Address buatan pabrik Bekasi tersebut setidaknya dipasarkan ke 10 negara Eropa seperti Italia, Jerman, Inggris, Belanda, Swedia, Turki, Swiss, Spanyol Prancis dan Norwegia. Tentu saja ada beberapa perbedaan antara versi lokal dengan yang di ekspor misalnya saja bagian striping lebih menari, behel belakang dan juga lampu sein belakang mendapatkan sentuhan baru yang lebih sporty dan terakhir adalah sudah sesuai dengan standar Euro3, bukan seperti Suuki Address di Indonesia yang masih memakai Euro2.

Hanya saja untuk harganya sendiri skuter mungil tersebut di pasar Indonesia tergolong sangat murah sekali yaitu hanya sekitar Rp 13 jutaan, padahal di Inggris yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu justru dibanderol lebih dari Rp 35 juta.

AHM pun juga masih kalah dibandingkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk urusan ekspor karena pabrikan berlogo garpu tala tersebut mampu mengekspor berbagai motor sport andalannya seperti Yamaha R15, Yamaha R25 dan Yamaha V-Ixion ke beberapa negara termasuk ke Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here