Home Mobil Faktor Penyebab Mobil Bisa Cepat Rusak

Faktor Penyebab Mobil Bisa Cepat Rusak

2655
0

OTONITY.com – Kebiasaan Yang Membuat Mobil Cepat Rusak. Bagi anda pemilik mobil tentu selalu mendambakan kendaraan anda tersebut tampil prima dan selalu mempunyai warna mengkilap agar selain nyaman dikendarai juga membuat percaya diri ketika digunakan. Namun sayangnya tidak selamanya mobil bisa tampil baik karena di satu sisi mobil pun juga harus mendapatkan perawatan baik di bagian dalam maupun luar. Bagi pemilik malas tentu akan menjadi bencana besar ketika sebuah kerusakan sepela tidak segera diperbaiki dan akhirnya suatu saat menjadi kerusakan yang fatal dan justru menghabiskan banyak uang.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa anda lakukan sebagai pemilik mobil supaya kendaraan anda tetap tampil maksimal, perawatan-perawatan sederhana tidak harus selalu datang ke bengkel namun juga bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk menghemat biaya pengeluaran, akan tetapi jika terdapat komponen penting yang harus diganti maka sebaiknya bawa ke bengkel resmi dan terpercaya.

Berikut ada beberapa penyebab mengapa mobil bisa cepat rusak karena kelalaian pemiliknya sendiri, misalnya saja selalu menunda untuk melakukan servis mobil padahal sudah waktunya. Mesin adalah komponen wajib yang harus dilakukan perawatan secara rutin meskipun tidak dalam kondisi rusak, dengan membawa ke bengkel mobil anda akan di cek bagian mana saja yang sudah waktunya di ganti termasuk pelumas atau oli. Namun jika anda malas dan menunda waktu servis tersebut maka tidak menutup kemungkinan mobil bakal mengalami kerusakan parah dan bahkan harus sampai mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Tips Memeriksa Tekanan Ban

Khusus untuk mobil-mobil keluaran terbaru sebenarnya pemilik tidak perlu bingung kapan waktunya servis karena biasanya sudah terdapat beberapa fitur peringatan dini yang mampu mendeteksi jika mobil dalam keadaan darurat. Sayangnya beberapa pemilik justru mengabaikan peringatan berupa lampu berkedip atau sejenisnya karena di anggap tidak terlalu penting. Alangkah baiknya jika peringatan tersebut mulai muncul segera bawa mobil ke bengkel sebelum kerusakan menjadi bertambah parah.

Ada beberapa kesalahan manusia dalam mengemudi yang bisa saja menyebabkan kerusakan mobil tersebut, salah satunya adalah terlalu ceroboh saat melakukan pemindahan transmisi. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah memindahkan transmisi ketika kopling belum diinjak sepenuhnya atau memasukkan gigi maju maupun mundur ketika mobil melaju ke arah berlawanan. Kejadian ini tentu saja membuat beberapa komponen menjadi bekerja tidak seperti seharusnya. Jika terus dilakukan berulang-ulang maka mesin mobil pun akan mati secara tiba-tiba.

Kesalahan berikutnya yaitu cara mengemudi yang salah, misalnya saja tiba-tiba menginjak gas dengan cepat dalam kondisi mobil diam layaknya ingin start ketika ajang balap mobil. Selain itu ada juga kesalahan pengemudi lain seperti melakukan pengereman secara mendadak untuk menghindari lubang atau benda lain yang datang secara tiba-tiba di depannya. Dua kejadian di atas tentu saja sangat berdampak sekali pada kendaraan misalnya saja membuat ban cepat gundul serta kampas rem menjadi cepat habis. Namun yang paling dikhawatirkan adalah ketika melakukan pengereman secara mendadak membuat kecelakaan ketika kendaraan di belakangnya tidak siap.

Dan kebiasaan buruk yang terakhir adalah pemilik jarang sekali mengganti ban, padahal komponen ini sangatlah penting dan harus mendapatkan pengecekan secara berskala karena menyangkut keamanan pengendara itu sendiri. Jika ban sudah tidak layak pakai namun tetap digunakan maka akan mengakibatkan banyak kejadian negatif misalnya saja terjadi selip ketika jalan licin atau saat hujan, kemudian bisa saja ban tiba-tiba pecah pada saat digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here