Home Aksesoris Mengganti Ban Baru Atau Cadangan Pada Mobil? Ini Yang Perlu Diketahui!

Mengganti Ban Baru Atau Cadangan Pada Mobil? Ini Yang Perlu Diketahui!

2281
0

OTONITY.com – Tips Mengganti Ban Mobil. Ada kalanya setiap komponen mobil pasti memiliki masa sehingga ketika sudah mulai aus atau tidak layak digunakan, alangkah baiknya langsung diganti dengan yang baru agar tetap menjamin keamanan dan keselamatan. Tidak terkecuali pada ban mobil karena komponen ini justru yang paling pentig sekali, sebab ban menjadi pijakan mobil terhadap jalanan.

Namun ternyata ada beberapa tips dalam mengganti ban baru yakni seperti yang dijelaskan oleh Dwi Triono selaku Manager Technical Service PT Gajah Tunggal Tbk sebagai produsen ban GT Radial dan juga IRC. Hal yang paling penting menurutnya adalah ban baru tersebut harus sesuai dengan velg atau sama dengan ukuran sebelumnya supaya saat digunakan tetap terasa nyaman dan seimbang. Selain itu Dwi menambahkan seharusnya jika hanya membeli satu buah ban baru alangkah baiknya di pasang di bagian belakang karena bagian ini yang paling banyak menopang sedangkan ban belakang lama bisa di pindah ke depan.

Menurutnya ada banyak alasan mengapa ban baru harus diletakkan di bagian belakang misalnya supaya tetap aman dan apabila mobil hanya mengalami under steering itu masih bisa dikendalikan, namun jika ban baru di tempatkan di depan maka kemungkinan besar akan mengalami oversteering yang akibatnya sangat fatal sekali apabila digunakan di jalur basah. Alasan kedua adalah karena ban baru masih memiliki daya cengkram lebih kuat dibandingkan ban lama.

Jika ban baru diletakkan di bagian depan akan dikhawatirkan ketika melakukan pengereman secara mendadak maka posisi mobil menjadi tidak lurus saat berhenti karena ban depan mendapatkan dorongan lebih besar dari belakang, namun jika meletakkan ban baru di belakang maka daya cekram terhadap aspal pun bisa semakin sempurna dan tentu saja lebih aman bagi pengemudi maupun pengendara lainnya.

Cara Mengganti Ban Mobil

Namun ada kalanya karena alasan belum sempat mengganti yang baru terkadang ban pun akan mengalami pecah atau bocor jika tengah digunakan. Biasanya para pemilik sudah menyediakan ban cadangan di dalam kendaraannya supaya tetap bisa melanjutkan perjalanan. Namun bukan berarti ban cadangan tersebut solusi yang tepat untuk mengganti ban baru karena ban cadangan pun hanya bisa digunakan pada saat darurat saja. Artinya kondisi ban cadangan juga harus dilakukan pengecekan dan apabila sudah mengalami kerusakan lebih baik mengganti dengan yang baru.

Bagi kendaraan SUV biasanya dilengkapi dengan ban cadangan di bagian belakang namun sebenarnya ukuran ban tersebut lebih kecil dibandingkan dengan aslinya. Jadi tidak bisa digunakan untuk sehari-hari dan hanya dipakai ketika darurat saja, selain itu ada aturan tersendiri apabila anda memakai ban serep tersebut misalnya saja di larang mengemudi dengan kecepatan di atas 60 kilometer per jam.

Apabila pengemudi melanggar batas kecepatan tersebut maka yang terjadi adalah mobil akan tidak stabil dan bahkan sulit untuk dikendalikan. Apalagi ketika melalui jalanan yang terjal atau di medan tanah maka kesulitan pun akan bertambah parah. Alangkah baiknya ketika sudah sampai tujuan atau menemui bengkel silahkan beli ban baru dan jika belum memiliki dana yang cukup anda juga dapat menembel ban aslinya terlebih dulu.

Untuk membuat ban dapat berumur panjang sebenarnya sangat mudah sekali misalnya saja sebelum digunakan selalu periksa tekanan ban dan jangan sampai terlalu keras atau terlalu kempes. Selain itu jika sering digunakan di jalanan yang terkena banjir sebaiknya jangan memacu terlalu cepat karena bukan tidak mungkin di balik genangan air tersebut ada lubang yang membuat ban masuk ke dalamnya terlalu keras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here