Home Motor Motor Buatan Indonesia Laris Terjual di Luar Negeri

Motor Buatan Indonesia Laris Terjual di Luar Negeri

4909
0

OTONITY.com – Ekspor Motor Produksi Indonesia Meningkat Tahun 2015. Di era global seperti saat ini persaingan otomotif di pasar dunia terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dan seperti yang sudah anda ketahui, Indonesia merupakan negara dengan penduduk cukup banyak sehingga tidak mengherankan jika permintaan kendaraan di tanah air juga turut membludak. Khususnya kendaraan roda dua pasalnya Indonesia sendiri bisa dikatakan sebagai negara pengguna motor terbanyak di dunia mengingat hampir seluruh keluarga memiliki kendaraan ini.

Harganya yang lebih murah serta lebih mudah dikendarai adalah alasan utama kenapa motor menjadi sangat favorit di Indonesia, tidak tanggung-tanggung setiap tahunnya lebih dari satu juta unit motor sudah terjual baik motor matik, sport, maupun bebek.

Namun ternyata sejak beberapa tahun terakhir pabrikan Indonesia mulai mengekspor motor buatannya ke negara lain dan seperti data yang terdapat pada AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) dalam dua bulan di tahun 2015 ini saja tercatat sudah ada 25.466 unit sepeda motor buatan Indonesia yang terjual ke luar negeri.

Dari data tersebut secara mengejutkan motor sport Yamaha R25 merupakan penyumbang terbanyak dengan catatan 9.918 unit. Padahal motor ini baru diluncurkan pertengahan tahun 2014 lalu di Indonesia namun sudah mulai merajai pasar sportike kelas 250 cc. Menariknya lagi, tidak hanya negeri tetangga seperti Malaysia saja yang memesan Yamaha R25 buatan pabrik pulo gadung tersebut, namun Jepang pun turut mengimpor motor ini dengan beberapa penyesuaian seperti dilengkapi teknologi ABS.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sendiri selama tahun 2015 ini saja sudah mengekspor kendaraan sebanyak 17.318 unit yang berasal dari Yamaha R25, Yamaha V-Ixion dan juga Yamaha Jupiter MX. Namun menurut Mohammad Masykur selaku Asisten GM Marketing PT YIMM untuk beberapa waktu ke depan pihaknya juga bakal mengekspor skuter Yamaha NMax 150 Blue Core.

Selain Yamaha Indonesia ada juga PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga turut mengirim motor mereka ke luar Indonesia. Motor besutan Suzuki tersebut adalah Suzuki Address, skutik andalah Suzuki tersebut telah di ekspor ke beberapa negara termasuk negara-negeara di Eropa dengan total sebanyak 2.388 unit di bulan Februari kemarin, sedangkan secara total Suzuki Indonesia sudah mengekspor sebanyak 2.678 unit.

Seakan tidak ingin ketinggalan pabrikan TVS pun juga turut meramaikan pasar ekspor dengan mengandalkan motor matik dan juga motor bebek besutannya yang kabarnya mampu terjual sebanyak 2.661 unit untuk 2 bulan pada awal 2015 ini. Tidak tanggung-tanggung negara tujuan TVS pun merambah hingga Amerika Selatan serta beberapa negara Afrika.

Menurut Rio Aditya Putera selaku Deputy Manager Corporate Communication PT TVS Motor Company Indonesia bahwa pihaknya akan tetap konsisten terhadap ekspor motor mereka serpeti TVS Dazz, TVS Max 125 dan TVS Tormax 150.

Sementara itu PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selama tahun 2015 ini saja sudah mengirim kendaraan mereka sebanyak 1.827 unit, angka tersebut berkat sumbangan dari tiga model motor sport andalannya yaitu Kawasaki Ninja RR Mono, Kawasaki Ninja Z250SL dan Kawasaki KLX 150L.

Sayangnya kesuksesan pabrikan otomotif Indonesia tersebut tidak diikuti oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yang di tahun 2015 ini baru mengekspor sebanyak 982 unit saja dan itu pun baru di kirim ke negara Timor Leste. Padahal motor Honda sendiri menjadi kendaraan yang paling laris di Indonesia dan bahkan menyumbangkan penjualan lebih dari 60 persen dari total seluruh jumlah motor pada tahun 2014 lalu. Meskipun demikian kabarnya untuk beberapa waktu ke depan produsen berlogo sayap kepak tersebut sudah siap mengekspor ke berbagai negara tujuan lain dengan mengandalkan berbagai motor matik seperti Honda Beat maupun Honda Vario.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here