Home Motor Tips Posisi Mengendarai Motor Yang Benar

Tips Posisi Mengendarai Motor Yang Benar

1817
0

OTONITY.com – Cara Menyetir Sepeda Motor Yang Baik dan Benar. Posisi tubuh yang tepat saat berkendara ternyata juga sangat diperlukan sekali karena bisa mempengaruhi gaya berkendara itu sendiri seperti saat bermanuver, melakukan pengereman hingga ketika melewati jalan kurang mulus. Jika posisi berkendara salah maka dapat dipastikan akan mengurangi rasa nyaman serta juga bisa berdampak pada kecelakaan di jalan raya.

Keseimbangan tubuh juga sangat penting sekali supaya tetap bisa berada di jalur yang benar, apabila salah dalam menempatkan posisi seperti pijakan kaki atau pun tangan maka bahaya pun siap menanti. Seperti yang dijelaskan oleh Andi Suhendar selaku Instruktur Safety Riding PT Capella Dinamika Nusantara bahwa sangat penting sekali mengetahui posisi berkendara yang tepat. Jika sudah terbiasa dengan posisi benar maka kenyamanan dalam berkendara pun bisa didapatkan.

Andi menambahkan setidaknya ada tujuh posisi berkendara yang benar dan harus diperhatikan saat naik motor seperti bagian mata, pundak, sikut, tangan, pinggul, lutut hingga kaki dan masing-masing memiliki peranan tersendiri.

Misalnya saja untuk mata yang tentu saja fungsi utamanya adalah untuk melihat, menurut Andi pengendara harus melihat ke arah depan dan memiliki pandangan luas agar mampu mengantisipasi apabila ada sesuatu yang tiba-tiba mengejutkan. Sangat dilarang sekali terlalu banyak melihat ke samping atau belakang jika tidak diperlukan karena bisa berbahaya.

Posisi Berkendara Yang benar Dan Tepat

Kemudian di bagian pundak harus se rileks mungkin agar mendapatkan posisi yang santai dan nyaman, apabila berkendara terlalu tegang termasuk dalam memegang setang terlalu kuat dikhawatirkan akan sulit dalam berkendara terutama ketika ingin berbelok arah. Namun apabila posisi pundak lebih santai maka bisa melakukan manuver dengan lincah.

Yang berikutnya adalah bagian siku karena berkendara paling tepat adalah siku harus sedikit ditekuk. Jika antara siku dengan tubuh terlalu tegak lurus maka akan semakin mempersulit ketika berkendara. Tempat duduk pun harus disesuaikan dengan panjang siku.

Dalam memegang grip kemudi tangan juga harus pada cara yang tepat misalnya saja tidak menggenggam terlalu keras serta untuk tangan kanan memegang dengan tiga jari kemudian dua jari tengah bersiap untuk menarik rem depan. Sedangkan pada bagian kiri jika mengendarai kendaraan motor sport maupun skuter juga menggunakan cara yang sama seperti bagian tangan kanan.

Posisi pinggul yang benar juga sangat berpengaruh sekali dan diharapkan mengatur posisi duduk senyaman mungkin namun tetap pada pandangan ke depan.

Khusus bagian lutut memiliki posisi berbeda-beda setiap jenis sepeda motor yang digunakan, jika memakai motor sport maka lutut harus sejajar dengan leg shield yang kemudian menjepit tangki, hal ini dilakukan supaya lebih mempermudah ketika bermanuver. Sementara itu apabila anda memakai motor matik diharapkan letak lutut tidak menyentuh bagian bodi depan karena akan mengganggu saat berbelok dan berhenti. Dan untuk motor bebek posisi lutut diharapkan agak rapat atau tidak terlalu membuka lebar supaya lebih mudah dalam menginjak rem maupun gigi.

Yang terakhir yaitu posisi kaki saat menginjak harus menghadap ke depan, usahakan sudah dalam keadaan siap ketika ingin melakukan pengereman atau memasukkan gigi. Khusus untuk motor matik cukup menginjak di tempat bagasi tengah namun harus dalam tetap menghadap ke depan.

Itulah beberapa tips cara berkendara yang benar, sebaiknya buat tubuh anda senyaman mungkin karena dengan demikian juga akan menentukan keselamatan anda dalam berkendara. Selain posisi berkendara yang tepat sebaiknya selalu lengkapi tubuh anda dengan berbagai aksesoris keamanan seperti helm standar SNI untuk mengurangi resiko kecelakaan. Selain itu bawa juga perlengkapan berkendara anda yaitu STNK dan juga SIM agar ketika ada razia dari pihak Kepolisian tidak menimbulkan masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here