Home Motor Angka Penjualan Motor di Indonesia Februari 2015, Honda Tetap Yang Terlaris!

Angka Penjualan Motor di Indonesia Februari 2015, Honda Tetap Yang Terlaris!

2489
0

OTONITY.com – Tingkat Penjualan Sepeda Motor Indonesia Bulan Februari 2015. Bisa dikatakan penjualan kendaraan bermotor pada bulan Februari kemarin tidak begitu bagus dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Bahkan menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan kelima anggotanya mengalami penurunan sebesar 22 persen dibandingkan tahun lalu karena bulan ini hanya mampu terjual 556.091 unit sedangkan bulan Februari 2014 mampu menyentuh angka penjualan sebesar 679.086 unit.

Lagi-lagi faktor cuaca dan juga nilai tukar rupiah menjadi penyebab utama mengapa permintaan kendaraan roda dua tersebut mengalami penurunan. Selain itu masyarakat juga enggan untuk membeli motor dikarenakan harga kebutuhan pokok juga turut naik sehingga bagi masyarakat menengah lebih memilih untuk mementingkan memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih dulu.

Pabrikan Honda masih menjadi yang paling laris di Indonesia pada bulan Februari 2015 ini dengan total penjualan sebesar 376.973 unit. Meskipun demikian angka tersebut masih kalah jauh dibandingkan Februari tahun lalu yang sanggup terjual sebanyak 423.950 unit. Hanya saja jika dibandingkan bulan sebelumnya nilai pada Februari tersebut tergolong lebih tinggi sebab di Januari 2015 hanya terjual sekitar 339.850 unit.

Ini membuktikan kalau pasar otomotif mulai membaik meskipun belum seratus persen. Diprediksi untuk bulan-bulan berikutnya bakal semakin naik mengingat cuaca juga akan berganti dan pemerintah pun mulai mengupayakan untuk menyeimbangkan perekonomian.

Yamaha R25 Indonesia Ekspor

Sementara itu Yamaha yang masih tetap bertahan di urutan kedua hanya mampu menjual kendaraannya sebesar 150.840 unit dan angka tersebut juga jauh lebih rendah jika dibandingkan Februari tahun lalu yang penjualannya mampu menembus 214.532 unit. Sementara itu pada Januari 2015 lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ternyata hanya bisa menjual sebanyak 140.243 unit saja.

Di bawah Yamaha ada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W dengan raihan penjualan sebesar 11.010 unit saja atau bisa dikatakan turun lebih dari 50 persen dibandingkan Februari tahun lalu yang sukses menembus angka 27.900 unit. Bahkan tidak hanya itu saja penjualan di Februari kemarin juga lebih rendah dibandingkan Januari 2015 yang justru mampu terjual sebanyak 11.389 unit.

Di peringkat ke empat ada Kawasaki yang selalu mengandalkan segmen motor sport dan pada bulan Februari 2015 kemarin sukses menjual sebanyak 16.968 unit. Dan perlu anda ketahui bahwa PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merupakan satu-satunya pabrikan yang meraih penjualan positif dibandingkan Februari 2014 lalu dengan raihan sebesar 12.226 unit saja. Tidak hanya itu penjualan Kawasaki di Februari kemarin juga sedikit lebih baik jika dibandingkan awal tahun lalu yang mendapatkan penjualan sebesar 10.782 unit.

Pabrikan TVS yang merupakan satu-satunya anggota AISI berasal dari Jepang mengalami sedikit penurunan karena pada Februari 2015 lalu hanya mencapai 300 unit saja sedangkan di bulan sama pada tahun 2014 lalu sukses terjual sebesar 478 unit. Padahal di bulan Januari 2015 lalu TVS mampu menjual kendaraannya sebanyak 519 unit.

Dari seluruh angka penjualan pabrikan yang ada di Indonesia tersebut jenis motor matik masih menjadi primadona dengan menguasai pasar mencapai 60 persen lebih, Honda BeAT dan juga Honda Vario tetap mendominasi penjualan di Indonesia sedangkan dari PT YIMM ada Yamaha Mio M3 serta Yamaha Soul GT. Tidak mau ketinggalan SIS pun juga memiliki skuter andalan yaitu Suzuki Address yang tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja namun juga turut di ekspor ke beberapa negara termasuk Eropa.

Sementara itu di urutan kedua segmen terlaris justru ditempati oleh motor sport dan melalui berbagai andalan baru yang diperkenalkan pada tahun lalu membuat kendaraan jenis ini semakin diminati oleh masyarakat. Sebut saja Kawasaki Ninja 250, lalu Yamaha R Series, Honda CBR150R, Honda CB150 StreetFire dan tentu saja Yamaha V-Ixion Lightning menjadi yang paling laris di segmen ini.

Sedangkan kendaraan jenis bebek mulai mengalami penurunan dan bisa dikatakan masih tidak mampu melawan penjualan motor sport dan juga matik, hanya saja pada tahun 2015 ini pasar bebek akan semakin ramai berkat kehadiran Yamaha MX King 150 dan juga Suzuki Satria FU150 dari PT SIS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here