Home Motor Hal Yang Harus Diperhatikan Orang Tua Saat Anak Mengendarai Motor

Hal Yang Harus Diperhatikan Orang Tua Saat Anak Mengendarai Motor

1864
0

OTONITY.com – Hal Penting Bagi Orang Tua Saat Anak Naik Motor. Pelajar memang selalu identik dengan kenakalan remaja termasuk yang mereka lakukan pula di jalan raya, bahkan tidak sedikit pula dari mereka menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tentu saja tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga pengendara lainnya. Sebenarnya peran orang tua menjadi faktor utama bagi pengendara usia muda tersebut supaya lebih mematuhi peraturan dan yang paling penting lebih menjaga nyawa mereka sendiri.

Orang tua seharusnya tidak hanya membelikan kendaraan bermotor saja akan tetapi juga harus membekali mereka dengan berbagai pengetahuan mengenai tata tertib lalu lintas yang benar. Percuma jika anda sebagai orang tua hanya memberi fasilitas saja kepada anak supaya lebih mudah dalam pergi ke sekolah akan tetapi tidak memberikan peringatan.

Sayangnya banyak orang tua yang salah kaprah dalam berfikir bahwa jika anak sudah masuk sekolah berarti itu sudah menjadi tanggung jawab guru dan jika ada masalah pada anaknya yang harus disalahkan adalah guru tersebut. Padahal sebenarnya peran orang tua juga tidak kalah pentingnya dan sebaiknya tetap melakukan pemantauan terhadap anak.

Pasti anda pernah melihat pemandangan anak-anak remaja dengan ugal-ugalan naik motor tanpa dibekali perlengkapan keamanan seperti helm dan bahkan tidak jarang pula dari mereka yang berboncengan sampai tiga orang. Ini sangat berbahaya sekali apabila terus dibiarkan dan bukan salah pihak kepolisian juga jika mereka terkena razia.

Pelajar Tanpa Memakai Helm Saat Berkendara

Menurut Jusri Pulubuhu selaku instruktur keselamatan kendaraan dari JDCC menjelaskan bagi remaja khususnya pelajar ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan supaya tetap selamat saat berkendara. Misalnya saja batas usia minimal untuk bisa mengendarai sepeda motor yaitu harus 17 tahun ke atas.

Seperti yang tertuang dalam pasal 81 ayat 1-4 undang-undang No 22 tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa usia dalam berkendara ada batas minimalnya. Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak pula orang tua membiarkan anak-anak mereka yang belum cukup umur berkendara di jalan raya.

Yang kedua adalah setelah cukup umur harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), ini sangat penting sekali untuk melengkapi persyaratan dalam berkendara sehingga tidak perlu khawatir lagi saat ada razia petugas Kepolisian. Meskipun demikian pelajar yang sudah memiliki SIM diharuskan tetap berkendara sesuai dengan etika.

Berikutnya harus memperhatikan waktu dan kondisi ketika ingin berkendara motor, apakah memang karena ada keperluan atau hanya sekedar iseng dan gaya saja. Alangkah baiknya untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya seperti tidak perlu keluar apabila tidak ada keperluan penting dan mendadak. Selain itu ketika ingin pergi harus memperhatikan kondisi tubuh apakah dalam keadaan fit atau tidak.

Dan peraturan yang terakhir apabila ingin berkendara yakni selalu lengkapi diri dengan aksesoris keamanan seperti helm, jaket, sarung tangan dan masker. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan dan juga mencegah terkena asap serta debu dari kendaraan orang lain.

Menurut data pihak Kepolisian lalu lintas yakni sebesar 50 persen lebih kecelakaan lalu lintas di tanah air melibatkan anak-anak usia remaja baik masyarakat umum, anak pejabat atau bahkan artis. Hal ini memang sangat disayangkan sekali mengingat seharusnya remaja tersebut dalam usia produktif untuk bisa menyumbangkan kreatifitas mereka demi masa depan.

Belum lagi akibat dari ulah yang mereka lakukan tidak hanya merugikan diri sendiri namun tidak jarang pula sampai memakan korban, ada baiknya orang tua selalu memberikan waktu luang untuk memberikan perhatian lebih bagi anak mereka dan jika perlu apabila anak hendak pergi ke suatu tempat bisa anda antarkan atau apabila tidak ada waktu bisa juga meminta tolong saudara yang sudah memiliki SIM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here