Home Mobil Cara Mengendarai Mobil Agar Lebih Hemat Bahan Bakar

Cara Mengendarai Mobil Agar Lebih Hemat Bahan Bakar

3482
0

OTONITY.com – Tips Cara Mengemudi Mobil Agar Lebih Hemat BBM. Seperti yang kita ketahui angka kecelakaan mobil di Indonesia khususnya kota-kota besar masih tergolong cukup tinggi dibandingkan negara-negara tetangga seperti Singapura maupun Thailand. Sebenarnya penyebab utamanya sangat klasik sekali yaitu minimnya kesadaran pengemudi dalam menjaga ketertiban lalu lintas. Banyak sekali pengemudi berkendara dengan ugal-ugalan agar cepat sampai tujuan tanpa memikirkan bahaya yang diakibatkan.

Padahal jika masyarakat Indonesia dapat berkendara dengan benar dan sesuai aturan bukan tidak mungkin angka kecelakaan bakal semakin turun. Dan pastinya cara berkendara yang tertib dan benar juga memiliki keuntungan yakni lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan atau biasa disebut dengan eco driving.

Sayangnya masih banyak pengemudi mobil yang tidak begitu peduli terhadap eco driving dan tidak jarang pula dari mereka ada yang lebih mementingkan diri sendiri sehingga mengakibatkan kemacetan. Padahal saat terkena macet anda tidak hanya membuang-buang waktu saja akan tetapi juga membuang bahan bakar serta menambah polusi udara yang akhirnya menimbulkan stres.

Akibat stres inilah yang kemudian mengakibatkan seringnya terjadi kecelakaan di jalan raya, ada beberapa tips supaya anda selalu aman dalam mengemudi mobil dan yang pasti lebih hemat bahan bakar. Misalnya saja selalu konsentrasi terhadap kondisi jalan, jika kondisi jalan terlihat sepi jangan memacu mobil terlalu cepat karena bisa sangat berbahaya sekali jika ada sesuatu yang muncul secara tiba-tiba. Namun apabila sedang berada di keramaian jaga jarak dengan mobil lain atau minimal dua sampai lima meter di belakangnya.

Tips Berkendara Yang Benar

Yang berikutnya adalah sebaiknya mengemudi dalam kecepatan konstan atau sekitar 60 kilometer per jam ketika berada di jalan yang sepi, mengemudi terlalu cepat juga menyebabkan bahan bakar lebih boros. Diharapkan jangan terlalu sering melakukan aksi dengan berakselerasi yang cepat lalu kemudian melakukan pengereman secara mendadak ketika berada di jalan bebas hambatan. Menurut sebuah penelitian cara ini membuat bahan bakar lebih cepat berkurang hingga 33 persen.

Apabila anda mengemudi mobil yang masih memakai transmisi manual sebaiknya pindah posisi gigi secara efektif. Jangan sampai anda terlambat untuk memindahkan gigi karena bisa membuat mobil berbunyi cukup kasar serta membuat bahan bakar lebih boros dan selain itu cara tersebut juga membuat pijakan gas lebih berat.

Selain itu cara supaya anda lebih hemat bahan bakar yaitu ketika berada di tempat kemacetan panjang atau berada di tempat lampu lalu lintas dengan waktu yang lama sebaiknya matikan terlebih dulu mesin mobil anda agar tidak membuang-buang BBM. Cara ini dianggap sangat tepat sekali ketika anda berada di kawasan wisata seperti puncak yang sering mengalami kemacetan atau di kota-kota besar dengan waktu lampu lalu lintas lama seperti Jakarta maupun Surabaya yang terkadang waktunya bisa lebih dari tiga menit. Sekedar info bagi anda para pemilik mobil bahwa mesin yang dalam keadaan menyala namun tetap diam di tempat akan menghabiskan bahan bakar cukup banyak, apalagi jika anda juga menyalakan AC dalam waktu bersamaan.

Tips terakhir mengenai eco driving adalah selalu cek tekanan angin pada ban mobil anda dan pastikan tidak kurang. Jika ban mobil agak kempes maka beban yang diberikan pun juga lebih besar yang secara otomatis tentu saja akan memakai bahan bakar lebih banyak lagi. Sebaiknya lakukan pengecekan setiap ingin anda gunakan dan jangan lupa cek kondisi tekanan angin pada ban cadangan untuk berjaga-jaga apabila nantinya terjadi kebocoran ketika digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here