Home Motor Motor Sport Yamaha R3 Terbaru Belum Dijual di Indonesia, Ini Alasannya!

Yamaha R3 Terbaru Belum Dijual di Indonesia, Ini Alasannya!

4482
0

OTONITY.com – Motor Yamaha R3 Indonesia Belum Bisa Dipasarkan. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dipercaya untuk memproduksi beberapa motor sport yang memang dipersiapkan untuk ekspor dan salah satunya adalah Yamaha R3 2015. Sportbike kembaran Yamaha R25 berkapasitas 320 cc ini telah dipersiapkan untuk dikirim ke beberapa negara di benua Amerika dan Eropa. Namun meskipun di produksi di dalam negeri ternyata PT YIMM sendiri belum punya rencana untuk memasarkan motor ini di Indonesia.

Seperti yang dijelaskan oleh M. Abidin selaku GM Service & Motorsport PT YIMM bahwa rencana untuk menjual Yamaha R3 di Indonesia masih belum ada dan pihaknya memang masih fokus untuk memenuhi permintaan ekspor terlebih dulu. Abidin menambahkan selain itu ada juga beberapa faktor lain yang menjadi kendala mengapa Yamaha R3 justru dijual di luar negeri.

Salah satunya adalah mengingat pajak PPnBM yang sangat tinggi yaitu mencapai 65 persen. Abidin khawatir jika dipaksakan untuk dijual di Indonesia tidak akan laku mengingat harganya nanti terlalu mahal. Sekedar info bahwa sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia menerapkan peraturan PPnBM untuk motor dengan kapasitas 250 cc hingga 500 cc akan mengalami beban pajak sebesar 65 persen.

Sedangkan bagi motor berkapasitas 500 cc ke atas pajaknya mencapai 125 persen dan bagi kendaraan roda dua yang masih di bawah 250 cc tidak akan mendapatkan beban pajak sama sekali. Sebenarnya tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat Indonesia ada yang berminat untuk membeli Yamaha R3 namun dengan beberapa pertimbangan akhirnya PT YIMM lebih fokus untuk ekspor terlebih dulu.

Yamaha R3 2015 Indonesia

Secara desain hampir tidak ada perbedaan sama sekali antara Yamaha R3 dengan Yamaha R25, misalnya saja di bagian depan mengusung konsep dual headlamp dengan kelir yang menarik, sementara itu di bagian buritan juga tidak terlalu jauh berbeda yaitu memakai model single seater. Satu perbedaan yang paling jelas adalah adanya emblem bertuliskan R3 dibagian samping sebagai tanda bahwa motor sport tersebut memang di atas Yamaha R25.

Pada akhir tahun lalu Yamaha R3 buatan Indonesia ini juga sempat diperkenalkan di ajang EICMA 2014 dan akan menjadi pesaing serius bagi dua motor sport asal Jepang yang sudah terlebih dulu dijual di Eropa yaitu Honda CBR300R serta Kawasaki Ninja 300. Sementara itu untuk bobotnya sendiri Yamaha R3 terbilang cukup berat karena mencapai 169 kg dan dibekali mesin berkapasitas 320 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 42 hp pada putaran 10.750 rpm.

Perlu anda ketahui memang PT YIMM tidak hanya fokus memproduksi motor sport mereka untuk pasar Indonesia saja namun juga turut diekspor ke beberapa negara termasuk Eropa. Yamaha V-Ixion menjadi model paling banyak dikirim, selain itu ada juga Yamaha R15 yang terjual hingga 5.600 unit selama dua bulan awal tahun ini. Yamaha R25 dan R3 pun juga sudah mulai dipasarkan ke luar negeri yang total keduanya mencapai 9.918 unit.

Menariknya motor sport yang di kirim Yamaha Indonesia untuk pasar ekspor tersebut justru sudah dibekali fitur pengereman ABS, sebut saja Yamaha R25 dan juga Yamaha R3. Untuk harganya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, bahkan untuk Yamaha R3 di Jepang dijual dengan harga 631.800 yen atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 68,3 juta.

Sementara itu menurut Masykur apabila Yamaha R3 dijual di Indonesia justru jauh lebih mahal atau diperkirakan mencapai Rp 84 juta karena mendapat beban pajak barang mewah. Angka tersebut terbilang cukup tinggi untuk ukuran ekonomi masyarakat tanah air apalagi saat ini perekonomian dalam negeri sedang belum stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here