Home Motor Kelebihan Kekurangan Membeli Motor Bekas

Kelebihan Kekurangan Membeli Motor Bekas

3379
0

OTONITY.com – Keuntungan Kerugian Membeli Sepeda Motor Bekas. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai konsumen sepeda motor terbesar di dunia, hal itu terlihat dengan hampir semua rumah memiliki kendaraan roda dua tersebut karena masyarakat kini menganggap motor sebagai kebutuhan primer yang harus wajib dimiliki untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari baik dipakai ketika bekerja, bepergian, sekolah dan lain sebagainya.

Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para produsen motor untuk berlomba-lomba menghadirkan model terbaru untuk menarik minat masyarakat, dengan harga yang relatif murah memang motor lebih mudah dimiliki apalagi kini desainnya sudah semakin modern baik di segmen skuter, bebek maupun motor sport. Namun ternyata permintaan motor pun tidak hanya pada model terbaru saja akan tetapi motor-motor bekas juga masih tetap ramai diburu oleh masyarakat Indonesia.

Menariknya lagi kini beberapa penjual motor bekas juga menawarkan pembelian secara kredit dengan DP lebih murah layaknya motor baru, program inilah yang membuat masyarakat menjadi tertarik karena dapat membeli motor bekas dengan biaya terbatas meskipun sebenarnya juga mempunyai beberapa kerugian, salah satunya adalah harga yang dipatok dengan cara kredit justru akan lebih mahal.

Akan tetapi membeli motor bekas secara kredit juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya dapat membeli dengan cepat karena tidak perlu proses lama dan biaya yang dikeluarkan sebagai DP pun juga lebih murah. Ditambah lagi cicilan perbulan yang anda bayarkan juga lebih murah dibandingkan beli motor baru dan lamanya cicilan bisa disesuaikan paket yang telah ditentukan oleh pembeli.

Keuntungan Beli Motor Bekas Dengan Kredit

Keuntungan lainnya adalah jika anda bisa memilih secara teliti dan benar bukan tidak mungkin bisa mendapatkan motor bekas namun masih memiliki kualitas yang bagus. Selain itu pajak dari motor bekas ini juga lebih ringan dibandingkan motor keluaran terbaru serta biaya administrasi lebih gampang dan prosesnya cepat.

Meskipun demikian di balik kelebihan-kelebihan yang dimilikinya tentu saja membeli motor bekas secara kredit juga mempunyai banyak kerugian misalnya saja secara tidak sadar meskipun angsuran yang anda bayarkan tergolong murah namun sebenarnya angka totalnya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli motor bekas secara tunai.

Selain itu tidak ada jaminan kalau motor bekas yang sudah anda beli dalam kondisi baik seratus persen, pasalnya setiap barang bekas pasti memiliki kekurangan baik secara tampilan fisik maupun dari mesinnya sendiri. Belum lagi jika anda terkena tipu penjual kalau sebenarnya motor bekas yang anda beli tersebut pernah mengalami kecelakaan namun dengan beberapa perbaikan tampil seperti baru kembali.

Tidak jarang pula pelaku usaha jual motor bekas secara kredit ini tidak memberikan garansi yang tentu saja jika sudah dibeli menjadi tanggung jawab pembeli tersebut. Ini yang paling banyak dikeluhkan oleh para konsumen motor bekas karena tidak sedikit pula ketika baru beberapa hari dipakai kendaraan sudah mengalami beberapa masalah.

Tips bagi anda yang berniat membeli motor bekas secara kredit yaitu pilih penjual dengan reputasi cukup baik dan lebih bagus lagi jika ada yang memberikan garansi. Ajak saudara atau orang yang memang sudah ahli mengenai mesin kendaraan bermotor, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan jika motor tersebut dalam kondisi tidak bagus. Berikutnya jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada penjual motor mana saja yang masih memiliki pajak tahunan lama. Apabila sudah deal menentukan motor yang anda inginkan jangan lupa cek kelengkapan surat dan periksa pula bagian nomer seri apakah sama dengan nomor rangka pada motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here