Home Motor Harga Motor Harga Motor Honda Segera Alami Kenaikan!

Harga Motor Honda Segera Alami Kenaikan!

2641
0

OTONITY.com – Harga Motor Honda Indonesia Akan Naik. Seperti yang sudah kita ketahui saat ini melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar terus terjadi sejak beberapa bulan lalu dan bisa dikatakan yang paling parah dibandingkan periode sebelumnya. Imbas dari kejadian ini tentu saja juga meluas hingga berbagai sektor terutama di pasar otomotif tanah air yang memang sebagian besar komponennya masih didatangkan dari luar negeri.

Secara otomatis jika nilai rupiah melemah maka barang impor tersebut juga turut naik dan mengakibatkan biaya produksi juga meningkat. Menanggapi kejadian seperti ini PT Astra Honda Motor (AHM) tidak menutup kemungkinan kalau harga motor mereka juga akan ikut naik. Seperti yang dijelaskan oleh Margono Tanuwijaya selaku Direktur Pemasaran PT AHM bahwa sebenarnya setiap tahun harga motor memang harus naik namun dengan adanya pelemahan nilai tukar rupiah maka terpaksa naik lebih tinggi.

Margono menambahkan untuk motor-motor yang diproduksi sendiri di dalam negeri sebenarnya kenaikan tersebut masih bisa ditunda sambil menunggu perubahan ekonomi yang terjadi saat ini, namun bagi motor-motor impor secara utuh dari luar negeri seperti Honda CBR250R dan juga Honda PCX 150 dapat dipastikan terkena imbas dari situasi rupiah tersebut. Jika pihak Honda Indonesia tidak menaikkan harga motor impor tersebut sudah pasti mengalami kerugian yang lebih besar meskipun penjualan motor buatan dalam negeri terbilang cukup bagus.

Meskipun demikian Margono menjelaskan bahwa secara lambat laun motor Honda buatan dalam negeri ini pasti juga akan mengalami kenaikan harga karena komponennya sendiri masih didatangkan secara impor. Dirinya menambahkan kenaikan harga ini tidak hanya terjadi pada motor Honda saja namun juga terjadi pada seluruh pabrikan yang ada di Indonesia untuk menekan angka kerugian.

Motor Bebek Honda 2015

Menurut Margono sebisa mungkin pihaknya akan menahan kenaikan harga tersebut namun apabila kondisi rupiah tidak segera stabil dan cenderung melemah maka kenaikan tersebut tidak bisa ditahan lagi. Sayang dirinya belum bisa memberikan keterangan untuk berapa besar presentase kenaikan yang akan diberikan karena hal tersebut tidak bisa ditentukan sendiri. Pasalnya harus melalui analisa semua sektor seperti daya beli masyarakat agar harga baru nanti masih bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Sekedar info bahwa PT Astra Honda Motor meraih penjualan tertinggi di dunia untuk segmen sepeda motor pada tahun 2014 kemarin dengan total mencapai 5.051.100 unit. Angka tersebut membuat pabrikan berlogo sayap kepak tersebut menyumbang 64,2 persen penjualan motor secara nasional. Menurut data yang dirilis AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) Honda BeAT jadi model paling laris dengan raihan 2.117.948 unit dan disusul kemudian ada Honda Vario Series mencapai 1.454.685 unit.

Sementara itu untuk motor bebek ada Honda Supra Series yang meraih 368.159 unit dan Honda Revo sekitar 322.682 unit. Sedangkan di segmen motor sport meskipun bukan yang paling tinggi di Indonesia namun bisa dikatakan penjualannya cukup bagus, misalnya saja Honda CB150R StreetFire meraih 196.622 unit atau sekitar 35,5 persen dari seluruh penjualan Honda di Indonesia. Berikutnya ada Honda Verza 150 dengan 132.541 unit, lalu Honda MegaPro 33.249 unit dan motor sport full fairing Honda CBR Series meraih 21.571 unit.

Dari data di atas membuktikan bahwa segmen motor matik masih menjadi andalan Honda Indonesia dan bahkan meninggalkan jauh para kompetitor lainnya, diprediksi untuk tahun 2015 ini penjualan matik di tanah air bakal meningkat mengingat sudah diluncurkannya beberapa model baru yang tidak hanya mengalami perubahan pada desain saja namun juga turut mendapatkan ubahan baru di sektor dapur pacu serta teknologinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here