Home Jenis Mobil Hatchback Honda Jazz Racing Terbaru Siap Sambut Ajang ISSOM 2015

Honda Jazz Racing Terbaru Siap Sambut Ajang ISSOM 2015

2543
0

OTONITY.com – Mobil Balap Honda Jazz 2015 di Indonesia. Saat acara peluncuran New Honda Odyssey 2015 hari Rabu (25/3) kemarin dalam waktu bersamaan PT Honda Prospect Motor (HPM) juga memperkenalkan satu sosok Honda Jazz dengan tampilan ala balap dari Tim Honda Racing Honda Indonesia yang akan dipergunakan dalam ajang Indonesian Sentul Series of MotorSport (ISSOM) dan Honda Jazz Speed Challenge 2015.

Jonfis Fandy selaku Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor menjelaskan All-New Honda Jazz khusus untuk versi balap ini tetap mempertahankan mesin dan juga performa yang bertenaga serta dengan desain sporty diharapkan mampu meneruskan prestasi gemilang dari generasi-generasi sebelumnya. Apalagi pada model terbaru tersebut memiliki akselerasi dan handling yang lebih sempurna sehingga akan mempermudah pebalap.

Sebenarnya pada Honda Jazz versi balap ini tidak terlalu banyak mengalami upgrade dan tidak dilakukan modifikasi yang ekstrem. Contohnya saja bagian shockbreaker masih tetap bawaan pabrik namun hanya ada tambahan stabilizer saja di bagian depan sedangkan untuk yang belakang mengubah geometrinya saja. Perubahan yang paling banyak terjadi terdapat di bagian interior karena diubah supaya lebih melindungi pengemudi ketika sedang balapan atau sebagai syarat safety bagi pengemudi. Bagian kabin belakang pun terpasang pipa-pipa yang kuat untuk mencegah ringsek ketika terjadi benturan keras.

Untuk urusan eksterior seperti bentuk bodi tidak mengalami perubahan sama sekali, hanya saja disematkan stiker baru dari tim balap Honda Indonesia ditambah adanya warna merah yang dipadukan warna putih. Stiker besar berlogo pabrikan honda terlihat sangat jelas sekali di bagian kap mesin sedangkan di samping dan kaca atas depan terdapat tulisan Honda dengan warna merah.

Sekedar info bahwa Honda Jazz sendiri telah dipercaya untuk digunakan sebagai mobil balap oleh pihak Honda dan pertama kalinya dipergunakan oleh Tim Honda Racing Indonesia pada ajang IITC (Indonesian Touring Car Championship) tahun 2007 silam. Dikabarkan pula bahwa mobil hatchback berdesain sporty ini mulai diminati oleh tim-tim balap lain sehingga menjadikannya model sebagai mobil yang paling banyak digunakan di ajang IITC.

Menariknya PT HPM tidak hanya menghadirkan Honda Jazz versi balap terbarunya saja namun juga mengumumkan akan menggelar ajang Honda Jazz Speed Challenge yang tahun ini memasuki musim ke sepuluh serta Honda Brio Speed Challenge yang telah memasuki tahun ke tiga. Khusus untuk musim tahun ini pihak Honda memberikan regulasi baru kepada para tim balap agar semakin mempermudah khususnya bagi mereka pebalap baru.

Sementara itu menurut Yosep Swasono Agus yang menjabat sebagai Manajer Komunikasi Korporasi PT HPM mengatakan ini pertama kalinya tim lain boleh memakai mobil All-New Honda Jazz untuk dijadikan mobil balap mereka karena sebelumnya yang diperbolehkan hanya untuk Honda Jazz keluaran tahun 2004 hingga 2014 saja.

Regulasi baru yang diterapkan pada tahun ini di antaranya mewajibkan peserta Honda Speed Challenge untuk memakai Honda Jazz lansiran dua generasi terakhir yaitu tahun 2008-2014 dan keluaran 2014 ke atas. Selain itu pantitia juga memberlakukan kompresi rasio standar yang ditetapkan agar usia mesin tetap bisa panjang.

Sementara itu untuk regulasi pada ajang Honda Brio Speed Challenge tahun ini memakai varian 1.3 liter bagi kelas pebalap promotion dan rising star, sedangkan bagi pebalap yang masih kelas terbawah hanya diperbolehkan memakai model 1.2 liter saja, bagi anda yang berminat untuk menyaksikan dua ajang balap mobil Honda tersebut bisa disaksikan di Sirkuit Sentul, Bogor dan rencananya akan digelar pada hari Minggu 12 April 2015 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here