Home Aksesoris Ini Yang Harus Diperhatikan Pada Ban Motor!

Ini Yang Harus Diperhatikan Pada Ban Motor!

1766
0

OTONITY.com – Hal Penting Tentang Ban Sepeda Motor. Seperti yang kita ketahui ban pada sebuah kendaraan mempunyai peran sangat penting karena merupakan komponen utama untuk menahan semua beban dari kendaraan tersebut sekaligus merupakan bagian yang menyentuh dengan kondisi lintasan. Pada sepeda motor ban memiliki ukuran kecil namun dengan diameter cukup lebar. Perlu perawatan khusus supaya bagian yang satu ini terus terjaga kualitasnya dan tetap panjang umur.

Seperti yang dijelaskan oleh Rangga Noviar selaku Technical Service Department Astra Motor bahwa fungsi ban tidak bisa dianggap sepele karena meskipun ukurannya kecil namun ban bisa saja menimbulkan bahaya sangat besar apabila salah dalam melakukan perawatan. Dibandingkan komponen lain pada sepeda motor, ban menjadi bagian yang paling vital karena harus menerima goncangan, beban dan juga pergesekan saat dikendarai.

Rangga menambahkan sebelum digunakan sebaiknya ban perlu dilakukan perawatan secara cermat supaya tetap tampil prima dan yang pasti tidak menimbulkan masalah. Langkah pertama adalah selalu mengecek kondisi tekanan ban dan jangan sampai ada yang kurang atau terlalu keras. Umumnya ban depan memiliki tekanan berkisar antara 29 sampai 30 Psi sedangkan untuk ban bagian belakang sekitar 32 hingga 33 Psi.

Perlu anda ketahui jika anda menggunakan ban yang memiliki tekanan di bawah normal maka bisa dengan cepat memperpendek usia ban tersebut karena secara otomatis harus menerima beban lebih berat serta mengalami pergesekan lebih lebar. Sebaliknya jika terlalu keras akan terjadi guncangan yang terlalu kuat meskipun berada di jalan mulus sekalipun. Untuk menjaga kualitas udara dalam ban sebaiknya memakai nitrogen karena terdapat molekul lebih besar dibandingkan dengan angin biasa yang terdapat pada kompresor.

Ban Sepeda Motor

Selanjutnya adalah mengenai ketebalan ban motor itu sendiri dengan melakukan beberapa pengecekan. Cara paling mudah adalah dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yaitu tanda yang sudah dibuat oleh pabrik untuk mengetahui ketebalan ban tersebut. Jika anda belum mengetahui letaknya TWI biasanya terdapat di bagian samping ban dengan kode berbentuk segitiga.

Jika pada kode tersebut anda tarik lurus ke bagian tengah permukaan ban maka akan terdapat indikator dan apabila indikator tersebut sudah sejajar dengan ketebalan ban maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru, sangat berbahaya sekali apabila anda tetap menggunakannya karena akan terasa licin ketika hujan turun. Yang paling parah adalah bisa meledak suatu saat apabila ban tersebut benar-benar sudah tidak mampu menahan beban.

Sedikit info jika anda ingin mengganti ban luar diharapakan untuk memperhatikan alurnya dan lakukan pemasangan sesuai dengan arah laju motor, jika anda memasang secara terbalik maka dapat mempengaruhi pergerakan ban tersebut sehingga handling yang dihasilkan pun juga tidak sempurna. Cara mengetahui arah laju ban adalah dengan melihat sudut pada ban tersebut dan jika menghadap ke depan itu berarti motor pun juga mengarah ke depan.

Disarankan bagi anda yang suka melakukan modifikasi jangan memasang ban dengan ukuran lebih kecil atau lebih besar dari ukuran standar. Sebab jika anda memasang ban lebih kecil maka akan sulit ketika dikendalikan karena laju motor menjadi lebih licin terutama ketika melewati tikungan atau ketika melakukan pengereman. Sebaliknya apabila anda memasang ban terlalu besar maka dapat menyebabkan traksi atau beban yang berlebih sehingga motor pun menjadi berat ketika ditarik. Tentu saja bahan bakar juga lebih boros serta motor tidak dapat melaju dengan kencang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here