Home Mobil Suzuki Hustler Terbaru Sulit Masuk Indonesia, Ini Alasannya!

Suzuki Hustler Terbaru Sulit Masuk Indonesia, Ini Alasannya!

3791
0

OTONITY.com – Mobil Suzuki Hustler Indonesia. Jika anda pengunjung pameran Indonesia Motor Show (IIMS) tahun 2014 lalu pasti pernah melihat sosok mobil mungil di Booth PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang bernama Suzuki Huslter, kei car mungil asal Jepang ini mendapatkan perhatian khusus bagi para pengunjung dan bahkan tidak sedikit pula yang bertanya kapan mobil berdesain keren tersebut bisa dijual di Indonesia.

Ketika diperkenalkan ke masyarakat pada IIMS 2014 lalu pihak SIS sangat yakin sekali kalau Suzuki Huslter suatu saat bisa dipasarkan dengan mudah di Indonesia karena mobil ini sendiri menjadi model yang paling laris di Jepang. Namun sepertinya rencana Suzuki Indonesia untuk mendatangkan mobil berkapasitas 660 cc tersebut ke pasar tanah air bakal sirna mengingat hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak Suzuki pusat untuk menjualnya ke Indonesia.

Davy J Tulian selaku Wakil Direktur Pelaksana Roda Empat PT SIS menjelaskan sebenarnya saat ini dirinya sudah mendapatkan jawaban pasti untuk rencana menjual Suzuki Hustler ke Indonesia, akan tetapi belum bisa diumumkan ke masyarakat luas sebelum benar-benar disetujui oleh pusat. Rencananya di bulan Mei 2015 pihaknya akan menyampaikan keputusan Suzuki Hustler yang dianggap prosesnya cukup sulit untuk bisa dijual di Indonesia.

Memasuki awal tahun 2015 yang lalu Davy pernah mengungkapkan bahwa status Suzuki Huslter bisa masuk ke Indonesia sudah mencapai 75 persen, namun sekarang justru menurun menjadi 50 persen saja karena harus ada beberapa tahapan yang memang wajib dipenuhi untuk bisa mengaspal di tanah air. Sebenarnya sangat disayangkan sekali jika Suzuki Hustler tidak jadi masuk ke Indonesia mengingat animo masyarakat yang begitu tinggi, apalagi dimensi dan juga keunikan dari mobil mungil ini sangat sesuai sekali dengan harapan publik.

Suzuki Hustler 2014

Sekedar info di akhir tahun 2014 silam Suzuki Hutler dinobatkan sebagai mobil kompak terbaik versi Konferensi Peneliti dan Jurnalis Otomotif Jepang atau (RJC). Menurut keterangan resmi dari RJC bahwa mobil perpaduan antara SUV dan Mini tersebut mempunyai banyak kelebihan seperti kenyamanan dalam berkendara serta didukung pilihan warna yang menarik. Tidak mengherankan jika di pasar Jepang Suzuki Hustler yang baru diluncurkan januari 2014 langsung terjual hingga 86.918 unit hanya dalam waktu 10 bulan saja. Bahkan menurut pihak Suzuki Jepang rata-rata konsumennya adalah pria dan wanita yang berusia 20-25 tahun.

Suzuki Hustler merupakan kei car crossover mungil dengan mesin berkapasitas 660 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 38 KW pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 63 Nm pada 4.000 rpm. Mobil ini memiliki panjang sekitar 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.665 mm dengan berat yang hanya 750 sampai 870 kg berpenggerak 4WD dan transmisi CVT yang diklaim memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit.

Tersedia banyak pilihan warna pada Suzuki Huslter mulai dari yang cerah hingga gelap sekalipun, desain tampilan depan mobil ini sebenarnya sangat sederhana sekali misalnya saja bentuk headlamp membulat dengan dipadukan grill memanjang diantara kedua lampu. Sedangkan untuk desain pintu belakang dapat di angkat hingga ke atas dan menyerupai tenda sehingga sangat sesuai sekali bagi mereka yang gemar berpetualang.

Untuk soal harga New Suzuki Hustler di pasar Jepang dibanderol mulai Rp 118,6 juta untuk tipe paling rendah dan Rp 178,2 juta bagi yang tertinggi. Jika benar-benar masuk ke Indonesia kemungkinan besar harga paling murah bisa lebih dari Rp 120 juta mengingat harus disesuaikan dengan pajak yang ada di tanah air dan belum lagi ongkos pengiriman ke daerah masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here