Friday, April 10th, 2015 - Mobil, Motor, Oto Rubrik

OTONITY.com – Cara Mengetahui Razia Polisi Resmi Atau Tidak. Bagi sebagian orang razia polisi lalu lintas menjadi hal yang menakutkan dan harus dihindari meskipun sebenarnya surat-surat kendaraan mereka lengkap, banyak orang menganggap meskipun sudah lengkap namun tetap saja ada oknum polisi yang sengaja mencari kesalahan agar si pengendara terkena tilang. Inilah yang kemudian membuat masyarakat lebih memilih untuk menghindari razia polisi.

Pasti anda pernah menjumpai razia polisi berada di tikungan jalan dan satu arah sehingga pengendara pun merasa terjebak. Ada juga razia dilakukan di waktu yang sebenarnya bukan untuk kegiatan apapun. Anda sebagai pengendara memang wajib melengkapi surat-surat kendaraan supaya merasa nyaman dan tenang ketika berkendara. Akan tetapi anda juga wajib mengetahui kalau sebenarnya tidak semua razia yang dilakukan polisi tersebut legal dan terkesan mencari keuntungan tersendiri.

Bahkan ada beberapa kasus aparat kepolisian yang dijatuhi sanksi akibat melakukan razia ilegal karena tanpa disertai surat dari atasan untuk melakukan razia. Tentu saja kejadian tersebut cukup meresahkan masyarakat apalagi oknum tersebut tidak menunjukkan bukti tilang yang benar dan hanya meminta para pengendara membayar di tempat.

Perlu anda ketahui setiap operasi razia polisi harus disertai oleh surat dari atasan sehingga jelas mengenai keterangan kapan, tempat dan biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan tersebut. Jadi anda sebagai pengendara setiap terkena razia wajib menanyakan kepada polisi apakah dalam operasi tersebut sudah dilengkapi dengan surat-surat atau belum. Kalau perlu tanya juga razia tersebut dalam rangka apa dan dengan tujuan apa.

Razia Polisi

Seperti yang dijelaskan dalam akun facebook resmi milik Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia bahwa setiap razia yang dilakukan harus sesuai dengan undang-undang pasal 13 PP 42 tahun 1993 yang bertuliskan setiap kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak kepolisian harus memiliki surat-surat lengkap dan menyertakan berbagai maksud seperti :

  • Alasan dan jenis pemeriksaan
  • Waktu pemeriksaan
  • Penanggung jawab dalam pemeriksaan
  • Daftar petugas pemeriksa
  • Daftar pejabat penyidik yand ditugaskan selama dalam pemeriksaan

Tidak hanya itu saja dalam pasal 15 ayat 1-5 PP 42/1993 menjelaskan bahwa setiap kegiatan pemeriksaan harus dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya razia kendaraan bermotor, tanda tersebut setidaknya diletakkan sekitar 100 meter dari pemeriksaan sehingga masyarakat pun mengetahui dan bisa mengurangi kecepatan mereka dalam berkendara. Pasal 15 ayat 4 PP 42/1993 juga menjelaskan khusus untuk razia di malam hari petugas wajib memberi tanda berupa lampu cahaya berwarna kuning terang.

Namun sayangnya dalam beberapa kasus banyak razia yang dilakukan petugas tidak sesuai dengan peraturan dan terkadang tidak dilengkapi dengan tanda, ditambah lagi razia tersebut berada di tikungan jalan dengan beberapa petugas berada di lokasi cukup jauh untuk mencegah pengendara lain berbalik arah.

Inilah yang kemudian membuat masyarakat takut saat ada razia polisi sehingga lebih memilih untuk menghindar dengan mencari jalan lain. Dalam kasus ini pihak kepolisian wajib memberikan penjelasan kepada masyarakat dan selalu ramah dalam berbicara agar publik pun bisa lebih percaya kepada para penegak hukum. Dengan demikian kepolisian akan menjadi institusi yang dihormati masyarakat luas dam bukan malah membuat takut masyarakat.

Banyaknya kasus yang melibatkan gesekan antara polisi dan masyarakat pada beberapa hari belakangan ini merupakan dampak dari ketidakpercayaan masyarakat pada kepolisian. Namun masyarakat juga harus sadar kalau sebenarnya semua ketertiban dan kenyamanan tidak hanya menunggu tindakan petugas saja, namun masyarakat pun harus lebih banyak aktif untuk menjaga ketertiban.

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia