Home Aksesoris Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet

Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet

2228
0

OTONITY.com – Cara Membersihkan Shockbreaker Motor Yang Benar. Salah satu komponen yang mempunyai peran cukup vital untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara sepeda motor adalah suspensi atau orang biasa menyebutnya dengan shockbreaker yang berfungsi sebagai peredam getaran. Biasanya setiap jenis motor memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan beban kendaraan tersebut. Karena merupakan bagian yang menunjang kenyamanan, shockbreaker sendiri harus selalu mendapatkan perawatan secara rutin agar tetap bisa bekerja dengan optimal dan memiliki masa pakai yang cukup lama.

Ada banyak sekali penyebab yang membuat shockbreaker menjadi cepat rusak dan salah satunya adalah terlalu sering digunakan di jalan yang kurang rata. Jika motor anda adalah jenis off road yang memang dirancang untuk melewati medan sulit tentu hal tersebut bukan sebuah masalah besar. Namun untuk motor biasa seperti matik maupun sport terlalu sering dipakai di jalan yang berlubang dan bergelombang secara otomatis akan membuat shockbreaker cepat mengalami kerusakan.

Jika sudah rusak parah salah satunya cara adalah dengan mengganti baru agar motor bisa digunakan kembali dengan nyaman, namun jika kerusakan hanya karena terdapat kotoran di sela-sela shockbreaker anda cukup mencucinya dengan bersih dan berikan pelumas khusus supaya bisa bekerja seperti semula.

Cara Merawat Sok Breaker

Dengan memberikan pelumas secukupnya baik ke bagian suspensi depan maupun belakang tentu akan menambah kenyamanan dalam berkendara. Untuk mencegah terjadinya aus pada shockbreaker motor sebaiknya lakukan perawatan secara rutin dengan memberikan pelumas atau gemuk setiap satu bulan sekali.

Perawatan paling mudah yang bisa dilakukan oleh pemilik adalah selalu membersihkan bagian tabung silinder shock depan atau tepatnya di bagian karet stanchion, cukup menyingkirkan debu dan kotoran menggunakan kain lalu cuci hingga bersih setelah itu baru keringkan memakai kanebo maka hasilnya pun bisa terlihat.

Setelah membersihkan di bagian tabung shockbreaker selanjutnya berikan minyak khusus di sekitar karet stanchion, perlu anda ingat oleskan minyak tersebut secara hati-hati supaya tidak tercecer ke bagian lain. Setelah anda beri minyak kemudian tes terlebih dulu sok depan tersebut dengan cara naik ke atas motor dalam keadaan diam lalu tekan rem depan dan dorong ke bawah berkali-kali supaya minyak tadi bisa merata.

Biasanya setelah anda melakukan pengetesan tersebut minyak akan keluar dari tabung, untuk itu segera bersihkan kembali menggunakan kain hingga bersih agar tidak membekas. Dengan melakukan langkah-langkah perawatan yang benar tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap shockbreaker dan juga sangat berguna untuk mencegah aus lebih cepat.

Baca juga: Perbedaan Shock Upside Down Dan Teleskopik

Bagi yang sudah rusak parah akibat terjatuh atau masuk ke lubang aspal terlalu keras tidak ada cara lain selain membeli dengan yang baru. Dan perlu anda ingat saat ini sudah banyak shockbreaker aftermarket dengan banyak jenis di pasaran. Meskipun harga yang ditawarkan relatif lebih murah namun sebaiknya anda harus jeli dalam memilih supaya tidak tertipu, apalagi shockbreaker menyangkut dengan masalah kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Ciri-ciri shockbreaker yang asli atau bukan bekas adalah tidak ada tanda-tanda cacat di bagian luar, selain itu periksa pula pada rumah bautnya apakah terdapat bekas digunakan atau masih terlihat baru. Alangkah baiknya membeli shockbreaker baru di tempat yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan motor, walaupun secara harga jauh lebih tinggi namun untuk urusan kualitas tidak perlu diragukan lagi dan pastinya anda juga akan mendapatkan garansi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here