Home Motor Motor Matik Kelebihan Kekurangan Motor Vespa Klasik

Kelebihan Kekurangan Motor Vespa Klasik

3818
0

OTONITY.com – Kelebihan dan Kekurangan Vespa Klasik. Memiliki kendaraan klasik tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, apalagi motor tersebut sudah berumur puluhan tahun dan hanya segelintir orang saja yang memilikinya. Tidak terkecuali salah satu motor skuter buatan pabrik Italia yaitu Vespa yang hingga saat ini memiliki penggemar sangat banyak sekali di Indonesia karena selain tampil retro motor ini juga menawarkan sensasi tersendiri dalam berkendara.

Memang melakukan perawatan pada motor Vespa klasik tidaklah mudah karena beberapa part sudah mulai jarang didapatkan, ditambah lagi untuk eksterior harus sering-sering dilakukan perawatan agar tidak berkarat yang bisa saja membuat usia motor menjadi pendek. Meskipun sebagian orang menganggap skuter klasik ini sangat berisik dan tidak memiliki desain yang indah namun bagi penggemarnya tentu ada beberapa alasan mengapa mereka sangat menyukai motor asal negeri Pizza tersebut.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Vespa jadul ini diantaranya lebih tahan terhadap segala cuaca dan mesin tidak cepat rusak. Meskipun suaranya agak berisik namun mesin Vespa bisa dikatakan cukup bandel karena jarang sekali terjadi masalah. Kelebihan lainnya adalah motor ini memiliki keunikan tersendiri seperti sistem transmisi roda gigi tanpa melalui rantai serta letak perseneling cukup unik yakni berada di setang sebelah kiri. Meskipun demikian tenaga yang dihasilkan pun juga bertenaga dan didukung oleh sistem pendingin mesin yang lebih baik.

Merawat Vespa Klasik

Sedangkan untuk desainnya sendiri bagi penggemarnya memang mempunyai kesan unik tersendiri. Bahkan tidak jarang pemilik yang sedang mengendarai motor ini langsung menjadi pusat perhatian banyak orang di jalan raya sehingga menambah kepercayaan diri dan kepuasan bagi pengendaranya. Ditambah lagi rasa solidaritas yang tinggi dari sesama pengguna Vespa di Indonesia sangatlah bagus karena ketika menjumpai pengendara Vespa lain sedang mogok maka dengan kesadaran komunitas Vespa yang sedang melintas pun langsung membantu.

Walaupun ada beberapa part yang sudah sangat sulit sekali didapat namun saat ini beberapa komunitas maupun produsen mulai memproduksi part Vespa jadul yang tentu saja bertujuan untuk mempermudah pemilik dalam merawat sekaligus guna menghidupkan komunitas-komunitas motor Vespa di Indonesia.

Di balik segudang kelebihan tersebut tentu saja ada kekurangan dalam memiliki Vespa klasik, misalnya saja motor yang sudah berusia cukup tua ini tidak memiliki setingan angin standar dan bahkan pada setiap motor memiliki standar yang berbeda-beda termasuk pada sistem pengapian sehingga pemilik harus lebih jeli dan juga kreatif dalam melakukan perawatan pada mesin.

Kekurangan lainnya adalah jika ingin mengganti kampas kopling maka ban belakang pun juga harus dibuka terlebih dulu karena posisi mangkok kopling terletak di dalamnya. Namun meskipun terlihat ribet ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik karena bisa mengoprek motor kesayangannya tersebut.

Kendala utama dari pecinta Vespa jadul adalah bodi motor ini full menggunakan bahan besi sehingga sangat rawan sekali berkarat apabila tidak dilakukan secara serius. Untuk mengatasi hal tersebut bisa melakukan pengecekan secara berskala dan bagi yang sudah terlanjur berkarat cukup dilakukan pengecetan ulang.

Yang perlu diperhatikan bagi pemilik adalah pada bagian karet di antara sela-sela bodi karena biasanya sisa air saat melibas hujan atau ketika habis dicuci bisa masuk dengan mudah apabila ada karet yang longgar, untuk mengatasinya anda cukup memasangkan waterproofing supaya bagian kolong motor tidak terkena banyak air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here