Home Mobil Ini Ciri-Ciri BPKB Asli

Ini Ciri-Ciri BPKB Asli

3390
0

OTONITY.com – Cara Cek BPKB Asli Atau Palsu Dengan Mudah. Bagi anda yang berniat untuk membeli mobil maupun motor bekas harap lebih waspada dan teliti karena kasus pemalsuan Surat-surat kelengkapan seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kini mulai ramai dan bahkan meresahkan warga. Salah satunya adalah disebabkan semakin maraknya aksi pembegalan dan perampasan kendaraan bermotor sehingga tidak jarang pula pelaku yang berniat menjual motornya kemudian membuat BPKB palsu yang secara kasat mata tidak banyak perbedaan dibandingkan aslinya.

Kasus lainnya adalah banyak masyarakat yang mengurus BPKB baru karena hilang atau sebab lain lebih memilih untuk menyerahkannya ke calo sehingga tanpa sepengetahuan pemilik BPKB tersebut diproses tidak melalui pihak kepolisian melainkan secara palsu. Perlu kesadaran masyarakat agar tidak selalu bergantung kepada calo dalam melakukan proses pengurusan BPKB karena rawan sekali tindak kecurangan.

Alangkah baiknya anda pelajari terlebih dulu berbagai ciri-ciri perbedaan antara BPKB asli dengan yang palsu. Memang dengan semakin berkembangnya teknologi dan juga peralatan canggih para pelaku kejahatan mampu membuat surat BPKB palsu dengan ciri-ciri yang sangat mirip sekali dengan aslinya. Namun meskipun demikian tentu saja ada beberapa bagian yang hanya bisa dimiliki oleh pihak kepolisian sehingga tetap saja ada perbedaan diantara keduanya.

Menurut sosialisasi yang diberikan oleh NMTC Korlantas Polri untuk BPKB asli ada beberapa tanda seperti nomor yang hanya diketahui oleh pihak kepolisian sehingga jika anda berniat untuk membeli kendaraan baru bisa langsung dilakukan pengecekan melalui samsat setempat. Selain itu untuk mencegah kejahatan sebaiknya membeli kendaraan bekas tersebut di tempat yang sudah terkenal dan terjamin.

Ciri-Ciri BPKB Asli

Ciri-ciri yang kedua adalah terdapat hologram di dalam BPKB yang dapat menampilkan gambar Tri Brata Polri atau jika anda masih kurang yakin silahkan putar-putar BPKB tersebut maka dalam Hologram akan menghasilkan warna-warna. Sementara itu untuk BPKB palsu meskipun secara fisik juga memiliki Hologram namun tidak terlihat seperti yang asli dan bahkan permukaannya terlihat lebih halus.

Yang ketiga untuk mengetahui ciri-ciri BPKB asli adalah dengan menggunakan sinar ultra violet dan jika ditaruh di bawah cahaya tersebut akan nampak benang-benang di dalamnya dan terdapat tulisan BPKB yang bentuknya lebih kasar dibandingkan permukaan lainnya. Sedangkan untuk BPKB palsu jika dilakukan pengecekan melalui sinar ultra violet tidak terlihat benang di dalamnya.

Saat ini pihak Korlantas Polri juga sudah menyediakan pelayanan pengecekan BPKB via internet dan juga aplikasi smartphone yang bernama Samsat Mobile. Langkah ini dilakukan oleh pihak Kepolisian mengingat hampir seluruh publik tanah air memiliki Handphone model terbaru yang sudah support berbagai aplikasi tersebut.

Itulah beberapa tips mudah untuk mengetahui BPKB asli dengan yang palsu. Harap lebih teliti dan jika terdapat kejanggalan lebih baik segera lapor ke pihak kepolisian supaya kasus pemalsuan BPKB dan surat-surat kendaraan lainnya bisa segera terselesaikan. Sayangnya sampai saat ini masih banyak pula masyarakat yang belum begitu paham mengenai ciri-ciri BPKB tersebut asli atau palsu.

Dan bagi anda yang pernah mengurus kehilangan BPKB melalui calo harap dicurigai apabila proses yang dilakukan oleh orang tersebut hanya memakan waktu singkat dan dalam hitungan beberapa hari saja. Padahal faktanya jika anda mengurus BPKB ke pihak kepolisian harus melalui prosedur yang telah ditetapkanĀ dan bisa membutuhkan waktu lebih dari satu minggu karena biasanya yang bersangkutan harus membuat laporan ke kantor polisi terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here