Home Mobil Fakta dan Mitos Cara Menghemat Bensin

Fakta dan Mitos Cara Menghemat Bensin

1495
0

OTONITY.com – Fakta dan Mitos Hemat Bahan Bakar Kendaraan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama dalam beberapa bulan belakangan ini harga bahan bakar minyak termasuk bensin kendaraan terus mengalami kenaikan sehingga membuat pengguna mobil maupun motor merasa sedikit khawatir, tidak jarang pula beberapa dari mereka melakukan berbagai upaya agar konsumsi bensin menjadi lebih hemat sekaligus mengurangi pengeluaran. Namun ternyata ada beberapa cara yang sebenarnya salah akan tetapi terus dilakukan oleh para pemilik sehingga kemudian menjadi polemik apakah cara tersebut benar-benar fakta atau mitos saja. Berikut beberapa fakta maupun mitos mengenai bensin :

  • Mengisi tangki sampai penuh lebih hemat (Mitos)

Banyak orang beranggapan dengan mengisi bahan bakar hingga penuh dapat menghemat waktu maupun biaya mereka karena tidak perlu sering kembali ke SPBU bahkan ada pula yang mengisi bahan bakar hingga meluber keluar. Cara tersebut ternyata salah besar karena faktanya jika kita mengisi sampai penuh ternyata justru akan kembali tersedot oleh kembali oleh selang pompa SPBU karena saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang secara otomatis akan berhenti jika bensin sudah terasa penuh.

Fakta Mitos Isi Bensin

  • Membawa beban terlalu banyak membuat bensin menjadi boros (Fakta)

Bagi anda yang sering melakukan bepergian harap selalu periksa barang bawaan dan jangan sampai terlalu berat yang justru tidak hanya memakan banyak ruang saja namun juga ikut menguras konsumsi bensin lebih banyak karena mobil membawa beban berlebih. Perlu anda ketahui setiap barang bawaan mencapai 45 kg maka akan menambah konsumsi bahan bakar hingga 2 persen sehingga jika semakin berat maka penggunaan bensin pun juga lebih banyak. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya bawa barang anda yang seperlunya saja dan jika dianggap tidak begitu penting lebih baik tinggalkan saja di rumah.

Banyak orang beranggapan dengan berkendara di belakang kendaraan lain yang berukuran lebih besar maka akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat karena terpaan angin yang dihasilkan menjadi lebih rendah. Cara tersebut banyak orang lakukan karena mencontoh ajang balap Formula 1, meskipun sebenarnya cara itu ada benarnya namun sebaiknya tidak anda lakukan karena bisa sangat berbahaya sekali baik bagi anda sendiri maupun orang yang didepannya.

Bayangkan saja jika kendaraan yang anda buntuti sedang melaju kencang dan kemudian melakukan pengereman secara mendadak maka dapat dipastikan kecelakaan pun tidak dapat dihindari. Selain itu meskipun dianggap benar sebenarnya efek dari mengikuti kendaraan orang lain juga tidak terlalu besar dalam menghemat bensin karena tergantung pula dengan cara mengemudi seseorang.

  • Ban Kempes Membuat Boros Bensin (fakta)

Ban merupakan komponen yang paling menentukan dalam sebuah kendaraan, anggapan bahwa jika ban tersebut kempes akan membuat bensin menjadi lebih boros sangatlah benar karena beban yang diberikan terhadap mobil menjadi lebih berat. Selain itu ban kempes juga sangat membahayakan pengemudi itu sendiri karena selain mengurangi kenyamanan juga bisa meledak secara tiba-tiba. Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan periksa terlebih dulu ban kendaraan anda dan pastikan sudah dalam tekanan yang tepat, jika terdapat masalah seperti permukaan mulai menipis alangkah baiknya ganti terlebih dulu dengan yang baru demi keselamatan anda dalam berkendara.

  • Mencampur bahan kimia khusus bisa menghemat bahan bakar (Mitos)

Pasti anda pernah melihat beberapa bahan kimia yang dianggap bisa membuat bensin menjadi lebih hemat, ternyata langkah tersebut hanyalah mitos saja karena faktanya mencampur bahan bakar dengan bahan lain justru membuat ruang tangki menjadi korosi sehingga dikhawatirkan bisa menyumbat lubang pembakaran.

  • Menggoyangkan kendaraan agar terisi lebih banyak (Mitos)

Dan yang terakhir yaitu dengan menggoyangkan mobil maupun motor maka bensin yang terisi menjadi lebih banyak sehingga tidak perlu bolak-balik pergi ke SPBU. Cara tersebut ternyata salah besar karena faktanya bensin adalah benda cair yang tentu saja selalu menyesuaikan diri dengan bentuk di mana dia ditempatkan. Justru jika anda sering menggoyangkan mobil ketika mengisi maka kotoran di dalam tangki pun menjadi naik sehingga bisa meyumbat lubang menuju ruang pembakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here