Home Honda Motor Terbaru Honda Segera Dirilis, Siap Saingi Suzuki Satria FU

Motor Terbaru Honda Segera Dirilis, Siap Saingi Suzuki Satria FU

3225
0

OTONITY.com – Motor 150cc Honda Terbaru 2015 di Indonesia. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja memperkenalkan dua varian motor bebek underbone bernama New Yamaha Jupiter MX 150 dan Yamaha MX King 150 2015 dengan desain perpaduan antara sportbike yang elegan dan motor underbone stylish nan bertenaga.

Bahkan untuk harganya sendiri duo bebek andalan terbaru Yamaha Indonesia ini jauh lebih murah dibandingkan banderol Suzuki Satria FU150 sehingga diprediksi mampu menggeser ketenaran motor andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sudah beberapa tahun belakangan ini terus mendominasi pasar tanah air.

Untuk meramaikan pasar otomotif di kelas motor bebek 150 cc PT Astra Honda Motor (AHM) ternyata diam-diam sudah mempersiapkan motor di kelas yang sama dan rencananya bakal diluncurkan pada tahun ini. Sebenarnya AHM pernah memiliki motor bebek sport yang bernama Honda CS-1 namun karena suatu sebab produksi motor tersebut telah diberhentikan oleh pihak Honda.

Memasuki tahun 2015 ini sepertinya AHM punya target utama pada motor terbarunya tersebut karena menurut salah seorang sumber internal dari AHM bahwa model tersebut sudah masuk dalam pengujian unit serta proses tes produksi. Sebagai tambahan informasi bahwa untuk segmen underbone selama tahun 2014 kemarin saja Suzuki Satria FU150 yang tanpa pesaing telah sukses terjual hingga 14.000 unit menurut data dari AISI. Jadi tidak menutup kemungkinan pihak Honda Indonesia akan serius menggarap motornya yang sekelas dengan Suzuki Satria FU ini.

Bahkan ternyata AHM juga sudah mendaftarkan motor bebek underbone terbarunya itu ke NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) dengan kode Y3B02R17L0 MT di Dispenda DKI Jakarta. Dalam data tersebut pesaing Yamaha MX King 150 dan juga Suzuki Satria FU150 ini dibanderol dengan harga Rp 14,9 juta namun masih berstatus off the road dan dapat diperkirakan setelah diluncurkan nanti bakal mendekati angka Rp 20 jutaan.

Sumber internal AHM tersebut menambahkan diperkirakan motor terbarunya tersebut akan diperkenalkan ke publik tanah air sekitar bulan September atau Oktober 2015 mendatang. Kabarnya underbone dengan desain sporty ini akan mengusung mesin yang sama dengan Honda CB150R StreetFire dan juga Honda CBR150R yaitu dapur pacu berkapasitas 150 cc dua silinder DOHC namun dengan sasis rangka yang berbeda dan diklaim menggunakan tipe baru.

Untuk tenaganya sendiri akan disesuaikan dengan karakter motor di jalanan kota Indonesia dan juga menyesuaikan selera masyarakat. Namun sayangnya belum ada kabar mengenai nama apa yang akan dipakai untuk penerus Honda CS-1 tersebut. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dan semoga saja dengan harga yang lebih kompetitif bisa semakin meramaikan pasar motor underbone sport di tanah air.

Sedikit informasi mengenai pesaingnya yakni Suzuki Satria FU150 dengan edisi MotoGP kini dibanderol dengan harga sekitar Rp 19,95 juta dengan status on the road Jakarta, secara spesifikasi tidak mengalami perubahan sama sekali dibandingkan varian standar yaitu berkapasitas 147,3 c DOHC, 4 stroke, 4 valve serta dipadukan transmisi enam percepatan yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 16 PS pada putaran 9.500 rpm serta torsi 12,7 km pada 8.500 rpm dengan konsumsi bahan bakar mencapai 35 kilometer per liter.

Sementara itu untuk Yamaha Jupiter MX King 150 mengusung mesin berkapasitas 149,7 cc 4 tak, 4 langkah SOHC lima percepatan yang mampu menghasilkan tenaga 15,4 PS pada putaran 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.500 rpm  serta didukung teknologi injeksi yang diklaim mempunyai konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat. Tidak hanya itu saja desainnya pun juga jauh lebih sporty dan modern namun dibanderol hanya dengan harga Rp 18,95 juta on the road Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here