Home Mobil Toyota Tetap Sandang Merek Terlaris di Awal 2015 Ini

Toyota Tetap Sandang Merek Terlaris di Awal 2015 Ini

1365
0
mobil toyota terlaris 2015

OTONITY.com – Toyota Paling Laris Terjual Tahun 2015 di Indonesia. Meskipun pasar otomotif tanah air masih belum stabil serta nilai tukar rupiah terhadap dollar yang semakin melemah namun ternyata hal tersebut tidak begitu banyak berpengaruh terhadap penjualan mobil Honda yang bahkan dalam tiga bulan pertama di tahun 2015 ini terus mengalami kenaikan. Menariknya Honda mampu menempati peringkat kedua sebagai mobil terlaris sekaligus menggeser Daihatsu yang mengalami naik turun penjualan.

Jika pada bulan Februari yang lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) mampu terjual hingga 16.138 unit maka pada Maret 2015 kemarin penjualan HPM langsung melejit hingga 17.865 unit atau jika ditotal secara keseluruhan pada tahun ini mobil Honda sudah terjual sekitar 45.357 unit dan itu berarti naik drastis hingga 45 persen atau setara dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu dengan raihan hanya 31.254 unit.

Sementara itu menurut Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM sebenarnya penjualan selama dua bulan terakhir ini bukan menjadi patokan karena bisa saja dalam waktu ke depannya penjualan mobil kembali naik turun. Meskipun demikian dirinya optimis bahwa Honda bisa terus mengalami peningkatan dengan cara selalu memperkenalkan model terbaru yang hemat bahan bakar untuk masyarakat tanah air.

Seperti yang kita ketahui dalam tiga bulan terakhir ini harga bahan bakar minyak terus mengalami kenaikan karena mengikuti harga minyak dunia, meskipun menimbulkan pro kontra dari masyarakat namun Honda Indonesia tetap optimis bisa meraih penjualan yang bagus dengan berbagai mobil hemat BBM besutannya. Sebut saja Honda HR-V yang baru saja diluncurkan langsung meraih penjualan positif dan bahkan menepati peringkat pertama di segmen low crossover.

Selain itu ada juga Honda Mobilio dengan tampilan yang elegan dan menarik di kelas low MPV serta Honda Brio Satya yang notabene penjualnnya juga mengalami peningkatan meskipun tidak secara besar-besaran namun mulai diminati masyarakat untuk segmen mobil murah LCGC. Sebenarnya Honda masih memiliki data penjualan yang juga mengalami peningkatan pada varian sedan namun tidak begitu memberikan sumbangan yang begitu besar.

Sayangnya pada kuartal pertama tahun 2015 ini Honda masih belum bisa menggeser Toyota di pasar Indonesia yang sukses terjual hingga 74.679 unit, sementara itu Honda berada di peringkat kedua dengan raihan penjualan sebesar 45.357 unit. Di peringkat ketiga ada pabrikan asal Jepang lainnya yaitu Daihatsu yang secara mengejutkan berhasil digeser oleh Honda dengan total penjualan sebanyak 41.464 unit.

Suzuki menempati di peringkat berikutnya dengan raihan penjualan sebesar 30.724 unit atau mengalami penurunan yang cukup drastis dibandingkan tahun lalu dengan penjualan mencapai 42.823 unit. Sementara itu mitsubishi masih berada di posisi kelima yang hanya meraih penjualan sebesar 30.270 unit. Angka tersebut juga lebih rendah dibandingkan periode tahun lalu yang sukses hingga 39.646 unit.

Mobil Nissan juga mengalami penurunan yaitu hanya meraih angka 7.640 unit, padahal pada tahun lalu mobil asal Jepang ini sukses meraih penjualan hingga 12.697 unit. Meskipun hanya mengandalkan dua varian saja ternyata Datsun juga mendapatkan angka penjualan yang positif yaitu mencapai 6.358 unit selama tiga bulan pertama di tahun 2015 ini.

Ada juga Isuzu di peringkat berikutnya yang meraih angka penjualan sebesar 5.601 unit lalu di bawahnya ada Mazda dengan raihan sebanyak 2.409 unit, sebenarnya angka tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai 2.563 unit. Selain semua pabrikan di atas masih ada beberapa mobil lain penyumbang penjualan di tanah air pada periode pertama tahun ini dan jika ditotal selama Januari-Maret 2015 tercatat sebanyak 257.830 unit mobil terjual di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here