Home Aksesoris Tips Mengganti Lampu Motor Dengan Mudah

Tips Mengganti Lampu Motor Dengan Mudah

1279
0

OTONITY.com – Tips Mengganti Lampu Depan Motor Yang Benar. Bagi anda pemilik sepeda motor pasti pernah mengalami lampu utama pada headlamp tiba-tiba mati dengan sendirinya, banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi misalnya saja karena adanya masalah pada kabel, bagian soket atau memang kondisi lampu sudah waktunya untuk diganti. Untuk memilih lampu yang akan digunakan memang tidak boleh sembarangan guna mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Apabila tidak tepat atau lampu hanya memiliki sinar yang kurang terang justru bisa membahayakan bagi diri sendiri maupun pengendara lain. Begitu sebalikanya jika memilih lampu yang terlalu terang ternyata juga tidak dianjurkan karena justru mengganggu penglihatan pengendara lain yang berlawanan arah.

Salah satu pakar otomotif tanah air bernama Bebin Djuanda menjelaskan ada beberapa tips sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang, tidak perlu keahlian khusus dalam memilih lampu headlamp yang tepat namun tetap sesuai anjuran agar bisa menguntungkan diri sendiri dan juga orang lain. Saat ini sudah banyak penjual lampu baik aftermarket maupun di dealer resmi yang menawarkan berbagai produk dengan masing-masing keunggulan, pemilik pun bisa memilih sesuai kebutuhan dan yang harus diperhatikan adalah harus cocok dengan tunggangannya.

Berikut tips memilih lampu headlamp yang tepat bagi sepeda motor :

1. Pilih lampu yang memiliki cahaya terang namun jangan terlalu menyilaukan bagi pengendara lain. Perhatikan pula daya dari lampu tersebut dan jangan sampai terlalu besar supaya aki anda tidak cepat tekor. Sebaiknya sebelum anda membeli lampu tersebut tidak ada salahnya juga bertanya terlebih dulu ke penjual agar bisa memilih lampu mana yang sesuai standar keselamatan dan kenyamanan.

2. Tips berikutnya adalah sebaiknya ketika membeli lampu lakukan pada saat mulai senja supaya bisa mengetahui secara persis bagaimana pencahayaan lampu, fokus, jarak jangkauan hingga warna dari lampu tersebut sehingga anda bisa menentukan mana lampu yang tepat bagi kendaraan. Namun jika anda terpaksa membeli pada saat siang hari jangan ragu untuk meminta penjual melakukan pengetesan di malam hari.

3. Salah satu kendala bagi orang awam yang ingin mengganti lampu sendiri adalah masalah fokus sudut pandang, tidak jarang pemilik salah dalam memasang sehingga cahaya yang dihasilkan tidak mengarah lurus ke depan akan tetapi justru ke samping atau atas bawah. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya gunakan standar tengah pada motor dan pusatkan setang ke arah depan. Setelah itu baru tes apakah sudah tepat atau belum posisi lampu tersebut, jika dirasa kurang sesuai lepas kembali lampu tersebut dan putar sedikit demi sedikit hingga pas.

4. Apabila semuanya sudah terpasang dan dianggap tepat mengarah ke depan coba anda gunakan motor tersebut di saat malam hari untuk lebih mengetahui secara pasti. Perlu anda ingat jangan mengarahkan cahaya terlalu ke atas karena bisa mengganggu pandangan pengendara besar seperti truk maupun roda empat dan perlu anda ketahui sudah banyak kecelakaan yang diakibatkan oleh masalah sepele seperti itu.

Namun sayangnya masih banyak pengendara yang tidak mematuhi peraturan dan justru memasang lampu dengan cahaya terlalu terang, perlu adanya tindakan tegas dari pihak kepolisian agar masyarakat bisa lebih paham mengenai bahaya dalam memakai lampu terlalu terang sehingga bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here