Home Aksesoris Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

1358
0

OTONITY.com – Tips Merawat AC Mobil Agar Awet. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk bisa menjaga kualitas AC supaya tidak cepat mengalami kerusakan sekaligus guna memberikan aliran udara yang tetap segar di dalam mobil. Namun bagi kendaraan dengan usia rata-rata di atas 3 tahun biasanya AC menjadi komponen yang paling sering mengalami kerusakan sehingga perlu dilakukan perawatan maupun pengecekan secara rutin. Dan salah satu penyebab yang membuat AC cepat mengalami kerusakan adalah terlalu sering mengatur suhu hingga mencapai 16 derajat.

Padahal seharusnya untuk menstabilkan kondisi standar AC harus berada pada suhu 24 derajat sampai 16 derajat. Akan tetapi biasanya pemilik mobil lupa untuk melakukan hal tersebut apalagi setelah parkir di bawah terik matahari langsung sehingga terkadang mereka langsung memutar suhu ke pengaturan maksimal yaitu 16 derajat. Seperti yang dijelaskan oleh salah satu perreli nasional yaitu Rifat Sungkar bahwa setelan suhu AC kendaraan seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi ruangan di dalam mobil.

Sebaiknya jika habis parkir di tempat terbuka jangan langsung memutar ke suhu paling rendah akan tetapi lakukan pengaturan secara bertahap. Dengan cara tersebut bisa membantu memperpanjang usia AC mobil sekaligus memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pengemudi. Tips selanjutnya adalah langsung matikan AC jika mobil benar-benar sudah tidak digunakan.

Membersihkan AC Mobil

Bagian AC yang merasakan langsung kondisi ruangan kabin mobil adalah kerja kompresor sehingga jika anda melakukan penyetelan pada temperatur paling rendah maka kinerja kompresor pun menjadi berat dan lama. Itu berarti kompresor akan terus bekerja secara terus menerus hingga suhu kabin berada di titik 16 derajat dan dapat dipastikan kerja komponen ini bisa semakin berat apabila ada perubahan suhu secara mendadak seperti saat hujan atau embun di malam hari.

Cara-cara tersebut sangat tidak dianjurkan sekali karena bisa merusak AC dengan cepat, meskipun bisa diperbaiki namun tentu saja pengeluaran pun menjadi bertambah bengkak. Apalagi jika mobil anda sudah berusia cukup tua sehingga perlu dilakukan perawatan secara rutin terutama di bagian kabin dan komponen-komponen didalamnya. Selain ada baiknya bersihkan dengan berkala pada bagian AC termasuk pada kompresor karena biasanya jika terdapat debu atau kotoran bisa mengurangi kualitas udara yang dihasilkan.

Sementara itu menurut situs Toyota Astra Indonesia ada beberapa ciri-ciri yang mengidentifikasikan jika AC mengalami kerusakan salah satunya adalah terdapat bau kurang sedap apabila AC dinyalakan. Pada dasarnya AC tidak menimbulkan bau sama sekali dan untuk mengatasi hal tersebut alangkah baiknya selalu jaga kebersihan pada ruang kabin supaya kotoran maupun debu tidak tersedot masuk ke dalam AC. Selain itu jika AC tersebut tidak terasa dingin sama sekali maka dapat dipastikan ada kebocoran pada bagian refrigant dan sebaiknya periksa pula bagian filter.

Selain itu jika ada AC menimbulkan suara cukup keras itu berarti bagian motor blower mengalami masalah yang biasanya terjadi karena terdapat serpihan kertas atau kotoran lain sehingga menyumbat kinerjanya. Hal lain yang menyebabkan AC berbunyi adalah juga bisa karena faktor usia. Untuk menghilangkan suara tersebut sebaiknya periksa setiap komponen AC dan lakukan pembersihan, ganti komponen yang memang sudah aus dan periksa pula apakah terdapat kobocoran atau tidak. Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat AC sekaligus beberapa cara apabila sistem pendingin mobil ini mengalami kerusakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here