Home Aksesoris Tips Membersihkan Velg Motor Dengan Murah dan Mudah

Tips Membersihkan Velg Motor Dengan Murah dan Mudah

3122
0

OTONITY.com – Cara Merawat Velg Motor Menggunakan Oli. Indonesia sebagai pengguna sepeda motor terbesar di dunia sudah pasti menjadi pasar yang sangat menjanjikan bagi para pelaku usaha otomotif, salah satunya adalah penjual velg dengan menawarkan berbagai jenis varian, ada yang memakai jari-jari dan atau juga lebih menyukai velg palang karena dianggap memiliki tampilan lebih sporty. Kedua varian velg ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing misalnya saja untuk versi jari-jari karena terbuat dari bahan besi tentu saja cepat mengalami karatan apabila tidak dilakukan perawatan.┬áSementara itu untuk velg palang yang meskipun sudah diberikan lapisan cat namun tetap saja sering mengalami kusam apalagi jika digunakan pada saat musim hujan seperti saat ini. Sayangnya banyak bikers kurang begitu peduli terhadap velg kendaraan mereka dan kebanyakan memilih untuk melakukan pengecetan ulang supaya tampil manis lagi sehingga lebih enak untuk diperhatikan. Padahal ada cara sederhana dan murah meriah untuk mengusir warna kusam pada velg jenis palang tersebut salah satunya adalah dengan mengoleskan pelumas atau oli motor.

Cara ini dianggap efektif sekali membuat velg kembali berkilau namun perlu anda ingat bahwa oli yang digunakan harus baru dan bukan oli bekas, karena oli bekas justru akan merusak warna velg itu sendiri. Oli sendiri memiliki sifat melekat yang mampu merasap kotoran maupun debu sehingga sangat cocok sekali digunakan untuk membersihkan permukaan velg palang. Salah satu pemilik sepeda motor yang pernah mencoba trik ini adalah Jules Langitan, saat itu dirinya hanya tidak sengaja menumpahkan oli ke bagian velg namun setelah dilap ternyata menjadi semakin bersih dan mengkilap. Cara membersihkan velg palang menggunakan oli motor pun sebenarnya juga sangat mudah sekali yaitu anda perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti dua buah lap kering dan oli baru.

Membersihkan Velg Palang

Setelah semuanya sudah tersedia anda cukup mengoleskan oli tersebut ke bagian velg palang yang ingin dibersihkan, perlu anda catat dalam menuangkan oli jangan terlalu banyak agar tidak tercecer ke bagian lain dan selanjutnya adalah diamkan terlebih dulu sekitar dua sampai tiga menit, lalu bersihkan menggunakan kain lap yang sudah anda sediakan sebelumnya hingga benar-benar kering dan bersih. Sebaiknya setiap velg dibersihkan menggunakan lap yang berbeda agar kotoran di permukaan lap pada velg depan tidak berpindah ke velg belakang.

Sebenarnya supaya mendapatkan hasil yang lebih sempurna anda bisa melakukan pembersihan tersebut ketika ban luar dilepas karena dapat dibersihkan setiap detail bagian velg. Tidak masalah apabila anda membersihkan velg dalam keadaan ban masih terpasang namun harus berhati-hati dan jangan sampai oli mengenai bagian ban karena akan membuat ban tersebut menjadi licin saat dipergunakan yang secara otomatis bisa sangat berbahaya sekali ketika dikendarai.

Itulah tips mudah dalam merawat velg palang motor yang mudah dan murah degan menggunakan pelumas atau oli. Cara ini hanya bersifat membersihkan saja dan bukan memiliki fungsi untuk menjaga kondisi velg. Sekedar info velg berjenis palang ini sering sekali mengalami kerusakan seperti mudah penyok ketika mengalami benturan keras atau sering lecet ketika pemilik ingin melakukan pergantian ban. Jadi selalu periksa kondisi velg anda dan jangan dipakai apabila terdapat pecah atau retak karena bisa sangat berbahaya sekali jika terus digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here