Home Kawasaki Kawasaki Geser Posisi Suzuki Saat Pasar Lesu!

Kawasaki Geser Posisi Suzuki Saat Pasar Lesu!

1550
0

OTONITY.com – Penjualan Motor Indonesia Periode Januari-Maret 2015. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penjualan sepeda motor maupun mobil di tanah air pada kuartal pertama tahun 2015 ini mengalami penurunan yang drastis dibandingkan periode sama di tahun 2014 lalu. Memang banyak faktor penyebab menurunnya permintaan kendaraan namun yang menarik adalah penjualan Kawasaki selama Januari-Maret 2015 justru melampaui raihan Suzuki yang sudah beberapa tahun selalu menguasai peringkat ketiga. Meskipun Kawasaki hanya mengandalkan jenis motor sport untuk dipasarkan di tanah air namun hal tersebut ternyata menjadi kelebihan tersendiri bagi pabrikan asal Jepang tersebut.

Seperti yang tertera pada data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) bahwa total penjualan Kawasaki secara wholesales selama kuartal pertama ini sukses menembus penjualan hingga 1,605 juta unit, sebenarnya jika dilihat dari data periode yang sama pada tahun lalu angka tersebut masih kalau jauh atau bisa dikatakan mengalami penurunan hingga 19,1 persen yang pada saat itu berhasil terjual hingga 1,984 unit. Namun dengan menggeser posisi Suzuki di urutan ketiga ini menjadi sejarah baru bagi Kawasaki yang memang sudah cukup lama bermimpi untuk bisa masuk tiga besar.

Di urutan pertama tentu saja masih dikuasai oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yang mengandalkan motor matik seperti Honda Vario Series dan juga Honda BeAT Series, selama Januari-Maret 2015 Honda sukses membukukan penjualan hingga 1.093.394 unit atau menguasai pangsa pasar penjualan secara nasional sebesar 68,12 persen. Sementara itu di urutan kedua ada PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang meskipun di awal tahun ini juga meluncurkan motor-motor terbaru seperti Yamaha NMAX, Yamaha Mio M3, Yamaha R15 terbaru hingga Yamaha R25 ABS namun tetap saja belum bisa menggeser posisi Honda. YIMM sendiri selama kuartal pertama tahun 2015 sukses menjual kendaraannya hingga 436.692 unit atau menyumbang penjualan sebesar 27,21 persen.

  1. Honda  Р1.093.394 unit (68,12 persen)
  2. Yamaha – 436.692 unit (27,21 persen)
  3. Kawasaki – 42.486 unit (2,65 persen)
  4. Suzuki – 31.408 unit (1,96 persen)
  5. TVS – 1.063 unit (0,07 persen)

Suzuki Address 2015 Diekspor

PT Suzuki Indomobil Sales yang kini harus rela berada di peringkat ke empat sebenarnya sempat memberikan kontribusi positif melalui motor matik terbarunya yaitu Suzuki Address yang diperkenalkan pada awal tahun lalu, namun skuter ini tidak hanya fokus untuk pasar dalam negeri saja akan tetapi juga turut diekspor ke beberapa negara termasuk dataran Eropa. Suzuki hanya berhasil terjual sebanyak 31.408 unit saja sealama Januari-Maret 2015 dengan memberikan sumbangan sebanyak 1,96 persen. Di peringkat terakhir masih ditempati oleh TVS yang pada kuartal 1 ini hanya mampu terjual 1.063 unit saja atau sebesar 0,07 persen.

Cukup aneh memang melihat Suzuki yang justru berhasil digeser oleh Kawasaki, apalagi di tahun ini Suzuki menawarkan lebih banyak varian kepada masyarakat termasuk ikut meluncurkan motor matik yang sebenarnya memiliki pasar sangat potensial sekali di Indonesia. Sementara itu Kawasaki yang hanya mengandalkan varian motor sport ternyata justru masih mendapatkan tempat di hati para konsumennya di tanah air. sportbike asal pabrikan sakura Jepang ini memang terkenal memiliki kualitas sangat bagus dan bertenaga.

Sementara itu bertenggernya AHM di pasar tanah air memang tidak perlu diragukan lagi dan meskipun tahun ini menawarkan banyak pilihan seperti matik, bebek hingga motor sport namun sepertinya masyarakat Indonesia masih menyukai varian skuter. motor-motor matik dari Honda sendiri juga dikenal publik sebagai kendaraan ramah lingkungan, hemat bahan bakar, berkualitas serta dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Sebenarnya Yamaha Indonesia juga memiliki motor matik yang tidak kalah menariknya dan salah satunya adalah Yamaha Mio M3 dengan desain futuristik serta didukung teknologi baru bernama Blue Core.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here