Wednesday, April 29th, 2015 - Mobil, Motor, Oto Rubrik

OTONITY.com – Keunggulan Urus SIM Secara Online di Indonesia. Di tahun 2015 ini pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan berbagai program dan terobosan baru, yang terbaru dan masih hangat diperbincangkan adalah rencana pelayanan SIM (Surat Izin Mengemudi) secara online. Rencana ini disampaikan langsung oleh Wakapolri Komjen Badrodin Haiti bahwa untuk pertama kalinya Indonesia akan memakai sistem perpanjangan dan pembuatan SIM baru secara online yang siap dimulai pada pertengahan tahun ini, namun saat ini sudah ada beberapa daerah yang menerapkan kebijakan tersebut seperti Yogyakarta dan juga Surabaya. Rencananya pada 1 Juli 2015 nanti diharapkan sudah mulai memperluas hingga daerah-daerah lain.

Yang dimaksud dengan SIM Online adalah masyarakat bisa mengakses melalui aplikasi smartphone berkat kerjasama antara Korlantas Polri dan juga Bank BRI. Bagi yang bersangkutan cukup membuka aplikasi tersebut lalu memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP selanjutnya akan keluar berbagai panduan untuk memperpanjang atau membuat SIM baru. Hadirnya sistem SIM Online ini tentu saja disambut positif oleh masyarakat mengingat semakin terbatasnya waktu untuk datang langsung ke samsat, ditambah lagi kini hampir seluruh masyarakat tanah air sudah memiliki smartphone dan sambungan internet.

Baca juga: Cara Membuat SIM Online

Meskipun dapat diprediksi bakal mengalami masalah terutama pada orang-orang awam karena ini baru pertama kali diluncurkan di Indonesia, namun pihak Kepolisian Republik Indonesia sangat yakin sekali dengan cara ini bisa membuat masyarakat lebih berfikir dewasa dalam menghadapi era modern seperti saat ini. Wakapolri Komjen Badrodin Haiti pun menambahkan untuk masa mendatang diharapkan program SIM Online bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat termasuk bagi mereka yang memiliki pekerjaan hingga luar daerah.

Berikut keuntungan-keuntungan dengan diterapkannya peraturan SIM Online :

1. Tidak akan ada calo lagi
Dengan adanya sistem online tersebut masyarakat kini menjadi lebih mudah dalam mengurus SIM dan tidak perlu lagi menggunakan jasa calo yang sebenarnya sangat merugikan sekali karena memberikan tarif mahal.

2. Tidak perlu pulang kampung
Bagi yang bekerja di luar daerah tempat tinggal biasanya akan menjadi sangat sulit untuk mengurus perpanjangan SIM karena harus disesuaikan dengan tempat tinggal asal. Namun melalui program SIM Online ini masyarakat hanya tinggal membuka jaringan internet pada komputer atau smartphone dan datang ke samsat keliling terdekat maka SIM anda pun akan diperbarui.

3. Terintegrasi
Sistem SIM Online ini memiliki banyak sekali kelebihan namun yang harus anda ketahui sebagai pendaftar SIM baru adalah harus memiliki KTP karena nantinya SIM baru ini akan terintegrasi dengan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri sehingga bisa dengan jelas mengetahui asal pemilik.

4. Proses Cepat
Keuntungan selanjutnya adalah proses yang terbilang cepat dan tidak ribet seperti masih memakai sistem standar karena harus mengantri berjam-jam. Dengan cara online ini anda hanya perlu menyediakan KTP untuk mengisi semua data formulir didalamnya, isi data dengan benar termasuk nomor telepon data keluarga yang bisa dihubungi untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat SIM Baru

Semoga program baru dari pemerintah ini bisa berjalan baik dan untuk tahun-tahun berikutnya terus memberikan pelayananan yang lebih baik dalam mensejahterakan semua masyarakat. Tidak terkecuali bagi pengguna jalan yang memang membutuhkan SIM untuk kegiatan sehari-hari. Masih banyak pemilik kendaraan yang memang sengaja tidak mengurus SIM karena faktor terbatasnya waktu akibat kesibukan pekerjaan sehingga membuka jasa calo dalam memanfaatkan peluang tersebut semakin meningkat.

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Cara Membuat SIM Online Terbaru Mudah Dan Cepat

Panduan Dan Syarat Membuat SIM Dengan Mudah Sesuai Prosedur

Cara Mudah Membuat SIM Baru Resmi Tanpa Calo

Cek Biaya Pajak Motor/Mobil Bisa Gunakan Aplikasi Smartphone

Yamaha Jupiter MX 135 Harga, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan

Cara Mengurus Perpanjang SIM A, SIM C Dan SIM B

Yamaha MT-25 2017 Harga, Fitur Dan Kelebihan

Harga Moge Indian 2017 Di Indonesia Mulai Rp 400 – 800 Jutaan

Spesifikasi Mobil Porsche Macan Terbaru 2017 Indonesia