Home Mobil Nissan X-Trail Hybrid Terbaru Belum Bisa Masuk Indonesia, Ini Alasannya

Nissan X-Trail Hybrid Terbaru Belum Bisa Masuk Indonesia, Ini Alasannya

1256
0

OTONITY.com – Mobil Nissan X-Trail Hybrid 2015. Beberapa waktu yang lalu Nissan Motor Corporation secara resmi merilis mobil SUV andalannya yaitu New Nissan X-Trail dengan tambahan versi hybrid yang tentu saja dianggap jauh lebih ramah lingkungan, namun meskipun mobil tersebut sudah mulai dipasarkan di Jepang dan beberapa negara lain, ternyata PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku distributor mobil Nissan di tanah air belum memiliki rencana sama sekali untuk mendatangkan Nissan X-Trail Hybrid 2015 tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Teddy Irawan selaku Wakil Direktur Presiden NMI bahwa ada beberapa kendala mengapa mobil SUV ramah lingkungan tersebut belum bisa dipasarkan di tanah air dan salah satu alasannya adalah karena infrastruktur di Indonesia kurang memadai untuk mobil berjenis hybrid seperti ini.

Teddy menambahkan memang saat ini masih belum ada rencana untuk mendatangkannya namun tidak menutup kemungkinan pula jika suatu saat nanti Indonesia sudah memiliki infrastruktur penunjang yang lengkap maka mobil-mobil seperti Nissan X-Trail Hybrid pun bisa segera masuk ke pasar tanah air. Selain itu dukungan pemerintah juga sangat diperlukan sekali sehingga pihak pelaku otomotif pun tidak berjalan sendiri. Teddy mencontohkan di beberapa negara lain seperti Eropa dan Thailand semua infrastruktur sudah sangat siap karena mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Sekedar informasi New Nissan X-Trail Hybrid 2015 baru saja diluncurkan di Jepang dan sebenarnya secara desain tidak mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dengan versi standar, hanya saja di bagian eksterior terdapat beberapa ubahan seperti logo dan tulisan hybrid yang terletak di bagian pintu dan bodi. Lampu kabut pun kini turut disematkan pada versi hybrid untuk memberikan kesan lebih mewah bagi pemiliknya. Sementara itu di bagian interior perbedaan yang paling mencolok terdapat pada tambahan informasi mengenai kinerja teknologi hybrid yang menyatu pula dengan informasi-informasi lain di instrument cluster.

Nissa X-Trail Hybrid 2015

Beralih ke bagian dapur pacu tentu saja terdapat satu bagian yang menjadi pembeda yaitu dipadukannya motor listrik dengan mesin konvensional, khusus untuk mesin standar memiliki kapasitas 2.0 liter empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 147 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 207 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan mesin listrik memiliki daya hingga 41 hp dan torsi 160 Nm. Dengan perpaduan dua tenaga tersebut membuat New Nissan X-Trail Hybrid dapat mengkonsumsi bahan bakar mencapai 4,8 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer dan jika di rata-rata itu berarti konsumsi BBMnya tembus 20,6 kilometer per liter.

Sebagai kendaraan berjenis keluarga Nissan X-Trail versi hybrid ini telah disematkan berbagai fitur menarik sebagai penunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkedara, sebut saja sistem pengereman otomatis, teknologi pengereman regenerative, desain yang aerodinamis dan terakhir adanya ban dengan tingkat rolling resistance rendah serta beberapa fitur hiburan menarik lainnya.

Sayang sampai saat ini Nissan Indonesia belum memiliki rencana untuk mendatangkan mobil hybrid terbaru tersebut untuk dipasarkan ke tanah air. Selain kurangnya ketersediaan infrastruktur namun dapat diprediksi pecinta otomotif yang membeli Nissan X-Trail Hybrid ini adalah golongan atas mengingat harganya pun juga jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga Nissan X-Trail standar. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dan semoga saja pemerintah Indonesia bisa segera meningkatkan infrastruktur di sektor otomotif karena dengan adanya mobil sistem hybrid juga membantu pemerintah dalam mengurangi pencemaran udara yang semakin memburuk sekaligus untuk mengurangi beban penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang setiap tahun semakin menipis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here