Home Mobil Tips Mudah Redam Amarah Saat Mengemudi

Tips Mudah Redam Amarah Saat Mengemudi

1495
0

OTONITY.com – Tips Redam Emosi Ketika Berkendara. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab utama pada kecelakaan lalu lintas adalah karena adanya kelalaian manusia itu sendiri, banyak sekali faktor yang menyebabkan hal tersebut dan salah satunya adalah karena terlalu emosi dalam berkendara, tak jarang ketika pengemudi sedang terjebak macet terlalu lama maka emosi dari pengemudi tersebut akan meningkat dan terkadang juga emosi tersebut dilampiaskan dengan langsung menancap gas dalam-dalam ketika sudah terbebas dari kemacetan sehingga kecelakaan fatal pun tidak bisa dihindari lagi. Selain itu ada juga insiden kecil seperti adu mulut dengan pengendara lain akibat kecerobohan dari salah satu pihak yang kemudian mengakibatkan masalah di tengah jalan dan mengganggu lalu lintas.

Sebagai pengemudi yang baik disarankan untuk tetap tenang dalam berkendara dan hindari konflik dengan pengendara lain yang sebenarnya hanya membuang waktu anda saja. Ada beberapa tips mudah supaya anda sebagai pengemudi bisa lebih sabar dalam berkendara sehingga merasa aman sekaligus menjaga ketertiban lalu lintas.

Tips pertama adalah sebelum berangkat buat diri anda setenang mungkin supaya fikiran tetap fokus. Persiapkan diri lebih awal agar tidak terburu-buru saat mengemudi karena hal tersebut sangat berbahaya, jika perlu sedikit hibur diri anda agar fikiran lebih tenang seperti mendengarkan musik kesukaan atau berbagai cara lain yang bisa menghibur. Jika anda berangkat pada pagi hari jangan lupa untuk sarapan terlebih dulu karena kekurangan gizi dalam tubuh juga sangat mempengaruhi konsentrasi seseorang.

Tips Supaya Tidak Emosi Saat Mengemudi

Berikutnya jangan mudah terprovokasi jika melihat pengendara lain yang sangat menyebalkan, misalnya saja pengendara motor atau mobil dengan cara berkendara yang ugal-ugalan dan sering mendahului dari arah samping dengan jarak yang sangat dekat sekali atau secara tiba-tiba melakukan pengereman mendadak di depan kendaraan anda, bentuk provokasi seperti ini paling banyak terjadi di jam-jam macet seperti saat pagi maupun sore hari. Sebaiknya jangan ikut terpancing dan tahan emosi anda agar tidak menimbulkan masalah baru.

Untuk mengurangi ketegangan ada baiknya anda memutar musik yang bergenre pop atau sejenisnya supaya suasana menjadi lebih ceria dan tenang, namun ketika anda berada di tempat yang sangat macet disarankan jangan memutar musik yang sekiranya terlalu memacu adrenalin karena secara tidak langsung juga membuat fikiran anda menjadi lebih kacau karena mengikuti alunan musik tersebut. Meskipun cara ini tidak sepenuhnya benar namun tidak ada salahnya jika anda mencobanya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, alangkah baiknya anda selalu mempersiapkan diri anda lebih awal karena jika anda berangkat ke sebuah aktivitas dengan waktu yang mepet pasti cara mengemudi anda akan sedikit ngawur dan ini sangat berbahaya sekali bagi diri sendiri maupun pengendara lain. Jika memang benar-benar sudah terlambat hubungi orang bersangkutan dan jelaskan kalau anda akan datang sedikit lambat, dengan cara tersebut anda tidak perlu lagi terburu-buru untuk mengejar waktu.

Itulah beberapa tips mudah supaya tidak mengemudi dalam keadaan emosi, memang perlu kesadaran masing-masing individu untuk bisa menghilangkan kebiasaan tersebut. Berkendara dengan fikiran tenang tentu lebih menguntungkan karena selain terhindar dari kecelakaan juga membuat anda bisa menikmati suasana perjalanan apalagi jika lokasi yang anda lalui memiliki pemandangan indah.

Tingkat emosi seseorang memang berbeda-beda dan cara menanggapinya pun tidak sama. Akan tetapi semoga tips-tips di atas bisa membantu anda dalam berkendara supaya lebih aman dan tertib selama menempuh perjalanan. Baca Juga, Tips Mencegah Kantuk Saat Mengemudi Mobil dan Tips Mengemudi Mobil Dengan Benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here