Home Mobil Cek Biaya Pajak Motor/Mobil Bisa Gunakan Aplikasi Smartphone

Cek Biaya Pajak Motor/Mobil Bisa Gunakan Aplikasi Smartphone

2514
0

OTONITY.com – Panduan Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Smartphone. Di jaman yang serba canggih seperti saat ini smartphone menjadi perangkat wajib bagi semua orang bahkan tidak hanya anak remaja saja yang memiliki telepon pintar tersebut akan tetapi orang tua pun juga mulai menyukai perangkat modern ini. Berbagai aplikasi bermanfaat pun juga sudah mulai tersedia di dalamnya seperti mengetahui lokasi, cuaca, arah angin, aplikasi tentang hiburan dan salah satu aplikasi layanan publik seperti cek pajak kendaraan bermotor. Ternyata pihak Kepolisian Republik Indonesia memanfaatkan aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui biaya pajak kendaraan motor mereka.

Meskipun sebenarnya tidak digunakan setiap saat namun dengan adanya aplikasi pintar tersebut tentu sangat membantu masyarakat dalam mengetahui besaran pajak sekaligus bisa menentukan berapa dana yang dibawa sebelum pergi ke samsat keliling maupun samsat terdekat agar tidak terjadi kesalahan. Sayangnya layananan ini hanya berlaku di beberapa wilayah saja seperti di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Barat, namun tidak menutup kemungkinan pula pada suatu saat nanti turut hadir di seluruh samsat di tanah air. Bagi anda yang penasaran dan ingin memiliki aplikasi ini berikut kami berikan langkah-langkah menggunakannya.

Yang pertama anda harus masuk ke layanan Play Store pada smarphone dan supaya bisa mencarinya secara cepat tulis keyword ‘cek pajak kendaraan‘ pada kolom pencarian, setelah itu tunggu hingga proses selesai dan pilih aplikasi cek pajak kendaraan sesuai dengan wilayah. Jika sudah tekan instal dan tunggu beberapa saat sampai proses download selesai. Ukuran data dari aplikasi ini pun tergolong sangat ringan sehingga anda tidak perlu khawatir untuk kehabisan kuota karena hanya sekitar 5 MB saja.

Cara Cek Biaya Pajak Secara Online

Setelah anda selesai mendownload langkah selanjutnya yaitu buka aplikasi tersebut sehingga akan muncul gambar e-samsat wilayah masing-masing, tekan tulisan Enter pada kolom bagian bawah dan tunggu beberapa saat sampai terdapat halaman baru. Di halaman tersebut anda akan diminta untuk memasukkan nomor polisi yang masih berlaku, selanjutnya anda harus memasukkan pula kode verifikasi yang uniknya adalah hasil operasi aritmatika sehingga menambah kesan mendidik.

Setelah terisi semua maka anda tinggal menekan ‘cari’ dan tunggu sebentar maka semua keterangan pada kendaraan anda akan muncul, namun jika info tidak muncul kemungkinan besar ada kesalahan pada saat memasukkan kode verifikasi atau bisa juga disebabkan nomor polisi yang anda masukkan tidak benar atau tidak berada di wilayah tersebut. Jika benar maka hasilnya pun langsung muncul beserta biaya yang harus anda bayarkan.

E-samsat ini juga bisa digunakan untuk membantu saudara anda yang tidak memiliki smartphone dan bingung mengetahui besaran pajak kendaraannya. Jadi bisa dikatakan aplikasi bernama Pajak Kendaraan tersebut sangat bermanfaat sekali bagi semua masyarakat khususnya bagi pemilik kendaraan. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi layanan pemerintah yang memudahkan masyarakat dalam mengetahui berbagai informasi melalui smartphone, bahkan dalam waktu dekat pihak Kepolisian pun bakal meluncurkan program bernama SIM Online yang nantinya akan mempermudah dalam melakukan perpanjangan maupun membuat SIM baru tanpa harus repot-repot datang langsung ke lokasi Samsat.

Diharapkan untuk kedepannya lebih banyak lagi aplikasi-aplikasi layanan publik sehingga masyarakat pun bisa lebih mudah dalam mengakses kegiatan, apalagi dengan semakin padatnya kegiatan serta keterbatasan waktu yang membuat orang untuk malas datang ke layanan pusat. Semoga saja program seperti ini bisa terus berkembang dan terus diperbarui agar memiliki lebih banyak kelebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here