Home Jenis Mobil City Car Suzuki Karimun Wagon R Terbaru Usung Fitur Baru

Suzuki Karimun Wagon R Terbaru Usung Fitur Baru

1064
0

OTONITY.com – Mobil Suzuki Karimun Wagon R Terbaru 2015 di India. Berbeda dengan di Indonesia yang hanya mengalami penyegaran pada tampilan eksterior maupun interiornya saja, baru-baru ini Maruti Suzuki merilis mobil murah hemat bahan bakar mereka yaitu Suzuki Karimun Wagon R dengan tambahan fitur Idling Stop System (ISS). Teknologi ini berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat kendaraan dalam keadaan berhenti sehingga diharapkan mampu lebih meningkatkan efisiensi BBM. Sekedar informasi bahwa Maruti Suzuki merupakan anak cabang dari Suzuki Motor Corporation dan khusus hanya memproduksi mobil Suzuki untuk pasar India.

Pihak Maruti Suzuki sendiri menjelaskan dengan disematkannya fitur idling-stop maka secara otomatis mesin akan mati ketika kendaraan berhenti dan ini sangat berguna sekali ketika berada di lampu merah maupun saat terjebak macet dengan waktu yang sangat lama dan digadangkan mampu menghemat bahan bakar hingga 23 kilometer per liter. Pada Suzuki Karimun Wagon R teknologi canggih ini diberi nama Eco Cool sehingga meskipun mesin secara otomatis mati namun untuk sistem pendingin ruangan (AC) tetap dalam keadaan menyala sehingga membuat penumpang maupun pengendara di dalamnya pun tetap merasa sejuk.

Kabar yang beredar bahwa fitur baru tersebut tidak hanya dipasang di Suzuki Wagon R saja namun rencananya juga bakal dipasang di Suzuki Ertiga Facelift dan Suzuki Ciaz yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Pihak Suzuki Maruti sebenarnya juga sudah mempersiapkan teknologi lain bernama Start-Stop yang akan disematkan pada model-model lain, sebenarnya fitur ini tidak memiliki perbedaan dibandingkan dengan idling stop namun yang menjadi pembeda adalah AC tidak akan bekerja.

Sayangnya sampai saat ini belum ada kabar apakah Suzuki Wagon R yang ada di Indonesia juga turut disematkan teknologi tersebut atau tidak, city car mungil ini sendiri berada di segmen mobil murah dan ramah lingkungan atau biasa disebut mobil LCGC. Dengan harga terjangkau serta berdesain unik tidak mengherankan kalau mobil ini juga menjadi penyumbang cukup besar bagi Suzuki Indonesia meskipun pada beberapa bulan belakangan ini sempat mengalami penurunan.

Sekedar informasi bahwa di Indonesia sendiri Suzuki Karimun Wagon dibanderol dengan harga di bawah Rp 100 juta. Mengusung mesin berkode K10B dengan kapasitas hanya 998 cc bersistem DOHC 12 katup dan disandingkan dengan 3 silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 68 hp pada putaran 6.200 rpm dan torsi puncak hingga 90 Nm pada 3.500 rpm. Sementara itu untuk dimensinya sendiri mobil yang mampu mengangkut hingga 5 penumpang ini memiliki panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi hingga 1.670 mm serta mampu menampung bahan bakar hingga 35 liter.

Meskipun tergolong mobil murah namun untuk urusan desain dan juga ruang interior sebenarnya Suzuki Karimun Wagon R ini cukup mengesankan meskipun perlu diakui masih terdapat beberapa kekurangan seperti tidak disematkannya sistem keselamatan ABS+EBD maupun Airbag. Sedangkan untuk fitur lain sepertinya sudah cukup mumpuni untuk sebuah mobil dengan harga paling murah Rp 90 juta ini, sebut saja 2 Din car Audio dan empat buah speaker, lalu ada juga security alarm, roof rails, velg berbahan dasar alloy, seat under tray dan pendingin ruangan.

Semoga saja untuk kedepannya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bisa menambahkan berbagai teknologi baru meskipun dengan konsekuensi mengalami tambahan harga yang lebih tinggi. Apalagi Suzuki Karimun Wagon R sudah dipercaya banyak masyarakat Indonesia sebagai kendaraan yang mampu mengatasi kemacetan di kota-kota besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here