Home Mobil Pertalite Siap Dipasarkan, BBM Pengganti Premium

Pertalite Siap Dipasarkan, BBM Pengganti Premium

1195
0

OTONITY.com – BBM Pertalite Segera Gantikan Bensin di Indonesia. Dalam waktu dekat atau tepatnya bulan Mei 2015 nanti PT Pertamina selaku pengelola bahan bakar di Indonesia bakal menghilangkan BBM jenis premium atau biasa disebut dengan bensin. Rencana tersebut ternyata sudah cukup lama dirancang oleh pihak Pertamina dan sudah diberitahukan kepada para pengusaha SPBU. Kabarnya mulai bulan depan semua SPBU di kota besar bakal memakai bahan bakar baru yang bernama Pertalite dan secara bertahap juga akan menyasar ke seluruh SPBU di tanah air.

Ahmad Bambang selaku Direktur Pemasaran Pertamina menjelaskan bahwa bahan bakar Pertalite ini memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan bensin karena memiliki RON 91, namun secara harga pihaknya memastikan bakal lebih murah dari banderol Pertamax RON 92. Meskipun memiliki harga lebih tinggi namun dapat dipastikan membuat kualitas mesin menjadi lebih bagus dan bersih sehingga masyarakat pemilik kendaraan pun juga bisa merasakan kenyamanan yang lebih baik.

Sementara itu menurut Eri Purnomohadi selaku Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) mengatakan setelah beberapa kali melakukan pembahasan akhirnya Pertamina siap memasarkan Pertalite yang kabarnya akan memiliki oktan berkisar antara 90-91. Dengan begitu harganya pun akan lebih murah dibandingkan pertamax namun memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.

Tips Membersihkan Mesin Motor Menggunakan Pertamax

Namun dikhawatirkan dengan adanya BBM baru dengan harga lebih mahal ini bakal membuat penjualan motor maupun mobil di tanah air kembali merosot. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yaitu Sigit Kumala bahwa dampak dari harga baru tersebut membuat minat masyarakat untuk membeli motor menjadi semakin berkurang karena secara otomatis harga kebutuhan pokok pun juga turut naik mengikuti harga bahan bakar. Saat ini BBM bensin yang dijual saja sudah seharga Rp 7.400 sedangkan harga dari Pertalite nanti bakal lebih mahal karena secara oktan memang juga lebih tinggi.

Sigit menambahkan padahal masyarakat Indonesia sangat sensitif sekali jika menyangkut dengan harga BBM, seperti yang terjadi saat ini harga BBM naik turun hanya dalam tiga bulan saja sudah membuat masyarakat panik sehingga langsung berdampak kepada sektor perekonomian termasuk di bidang otomotif. Hal senada juga diungkapkan oleh Thomas Wijaya selaku General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor bahwa dengan adanya kenaikan harga BBM nanti sudah pasti membuat pengeluaran masyarakat pun turut membengkak sehingga kesempatan untuk membeli kendaraan baru menjadi berkurang.

Namun sisi positifnya adalah mesin kendaraan bermotor menjadi lebih terjaga karena memiliki kualitas bahan bakar yang lebih bagus. Selain itu motor-motor keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan kompresi spesifikasi yang tinggi dan itu berarti harus memakai bahan bakar beroktan tinggi pula. Tidak hanya itu saja kabarnya Pertalite bakal memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik sehingga secara tidak langsung turut mengurangi pengeluaran konsumen namun tergantung pula dengan jenis kendaraan yang mereka miliki.

Sayangnya masyarakat sepertinya masih banyak yang kontra dalam menanggapi rencana dari Pertamina tersebut, kebanyakan pemilik lebih memilih bahan bakar yang sangat murah untuk digunakan meskipun mereka sadar kualitas dari BBM bensin kurang begitu bagus. Padahal di negara-negara lain BBM dengan oktan 88 sudah tidak tersedia sama sekali dan itu membuat Indonesia menjadi negara yang tertinggal dibandingkan tetangga seperti Malaysia, Thailand atau bahkan Singapura. Namun sampai saat ini pihak Pertamina belum membocorkan perihal berapa perkiraan harga yang akan ditawarkan untuk BBM pertalite, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya mengenai kebijakan baru dari pemerintah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here