Home Aksesoris Cara Memasang Amplifier Mobil Dengan Aman

Cara Memasang Amplifier Mobil Dengan Aman

2225
0

OTONITY.com – Tips dan Cara Pasang Amplifier Mobil. Ada banyak cara yang dilakukan oleh pemilik mobil supaya kualitas audio di dalam ruang kabin bisa enak untuk dinikmati, tidak hanya sebatas mengganti perangkat ringan seperti speaker, subwoofer maupun tweeter saja namun agar bisa menghasilkan suara yang lebih sempurna lagi bagian power amplifier pun turut diganti. Bagi pemula memang sangat tidak disarankan untuk memasang aksesoris tersebut sendiri atau tanpa dibantu oleh orang yang ahli. Pasalnya jika sampai salah dalam memasang maka keamanan dan kenyamanan selama berkendara pun bakal menjadi taruhan.

Seperti yang diungkapkan oleh Wahyu Tanuwidjaja selaku salah seorang pemilik workshop audio mobil di Jakarta bahwa dalam pemasangan berbagai aksesoris di dalam mobil seperti perangkat audio sebenarnya ada aturan-aturan yang harus dilakukan oleh seorang ahli dan tidak bisa dipasangkan secara sembarangan. Salah satunya adalah aksesoris tersebut harus dibaut dan dilem dengan benar supaya saat terjadi kecelakaan tidak terhempas yang justru berbahaya apabila sampai mengenai kepala penumpang maupun pengemudi.

Wahyu menyarankan supaya lebih aman dan tidak memakan banyak ruang sebaiknya amplifier diletakkan di bawah jok mobil, jika anda ingin memasangnya sendiri ada tips mudah dari wahyu yang bisa anda lakukan. Pertama gunakan satu blok kayu berukuran sesuai dengan amplifier tersebut lalu dicat memakai bahan weathershield supaya tidak jamuran dan merusak kayu. Setelah itu pasang kayu di lantai kendaraan dan supaya lebih mudah singkirkan terlebih dulu karpet mobil anda. Agar kayu tersebut tidak berpindah tempat rekatkan lantai dengan kayu menggunakan lem silikon dan biarkan beberapa saat hingga benar-benar kering.

Cara Pasang Amplifier Mobil

Apabila benar-benar sudah kering langkah berikutnya adalah letakkan amplifier tersebut di atas kayu tadi dan agar lebih kuat baut antara keduanya dengan membuat lubang baru pada bagian kayu. Tidak disarankan hanya menggunakan double tap karena alat tersebut hanya mampu merekat beberapa menit saja sehingga sangat berbahaya sekali.

Saat ini sudah banyak beredar dipasaran berbagai jenis amplifier baik dari merek terkenal hingga buatan china atau lokal yang secara harga juga jauh lebih murah, namun sebaiknya pastikan terlebih dulu amplifier yang anda beli tersebut benar-benar sesuai dengan daya mobil anda serta memiliki kualitas bagus. Untuk itu periksa lebih teliti mengenai berbagai perantinya apakah masih bekerja dengan normal atau ada masalah, jangan merasa sungkan untuk bertanya kepada pembeli mengenai apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki amplifier pilihan anda tersebut dan kalau perlu minta untuk dilakukan pengetesan guna mengetahui kualitasnya.

Ada beberapa tips mudah dalam memilih amplifier audio yang sesuai dengan mobil anda, pertama sebelum membeli tentukan terlebih dulu tipe mana yang akan anda gunakan seperti berapa jumlah channel pada amplifier tersebut. Di Indonesia sendiri ada banyak pilihan channel mulai dari satu hingga 8 namun yang paling populer adalah 2 dan 4 channel. Jumlah channel ini menentukan berapa banyak speaker dapat terhubung dengan amplifier sehingga secara tidak langsung turut menentukan kualitas suara juga.

Berikutnya adalah pilih audio amplifier yang sudah dilengkapi dengan heatsink yaitu seperti logam di bagian luar amplifier dan biasanya berfungsi untuk menyerap panas dari dalam amplifier tersebut. Dengan begitu pemilik pun tidak khawatir lagi apabila ingin menyalakan audio dalam waktu cukup lama. Terkadang Amplifier yang baik memiliki bentuk heatsink cukup beda dan lebih berat, itu membuktikan kalau kualitasnya lebih bagus dibandingkan dengan amplifier biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here