Home Mobil Tips Merawat Power Steering Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Power Steering Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

1653
0

OTONITY.com – Tips Merawat Power Steering Yang Benar Pada Mobil. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi kini para pabrikan otomotif pun juga turut memberikan fitur modern power steering pada bagian setir kemudi guna memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik bagi para penggunanya. Bagi anda pemilik mobil keluaran lama pasti pernah merasakan pegal saat mengemudi karena ketika berbelok arah harus mengeluarkan tenaga yang cukup besar, namun pada beberapa mobil keluaran terbaru sudah lebih ringan sehingga saat berakselerasi pun juga menjadi nyaman.

Namun tetap saja power steering ini perlu dilakukan perawatan agar tetap memiliki fungsi yang baik sehingga memberikan rasa nyaman ketika kendaraan digunakan, sayangnya banyak pengemudi menganggap sepele hal tersebut dan hanya sekedar mengelap saja agar terlihat lebih bersih. Padahal dengan selalu merawatnya secara rutin kondisi power steering pun menjadi tetap lebih panjang umur dan tidak cepat mengalami kerusakan. Jika sudah mengalami masalah tentu saja untuk melakukan perbaikan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Ada beberapa tips dalam menjaga dan merawat power steering mobil yaitu yang pertama adalah pastikan saat parkir roda depan harus berada dalam kondisi lurus, jika ban dalam waktu lama berada pada posisi berbelok dikhawatirkan bakal merusak pompa hydrolik karena tidak stabil. Tips berikutnya adalah kurangi melakukan putaran kemudi sampai batas akhir, apabila sering melakukan hal tersebut dan bahkan sampai timbul bunyi maka akibatnya adalah suhu menjadi meningkat sehingga merusak karet pada sistem hidrolis.

Tips Merawat Kemudi Mobil

Tekanan pada angin ban pun juga sangat berpengaruh pada kinerja power steering karena apabila roda dalam keadaan kempes maka beban yang diberikan pada kemudi menjadi lebih berat. Namun tidak disarankan pula mengisi angin ban terlalu keras karena bisa sangat berbahaya dan meledak saat digunakan. Tips selanjutnya kurangi kecepatan anda saat melalui jalan yang bergelombang atau tidak rata, jika anda terlalu sering melakukan hal tersebut bakal merusak beberapa komponen penting seperti boot rack steer dan poros rack steer.

Berikutnya lakukan pemeriksaan pada beberapa komponen power steering dan jika memang sudah melewati batas usia maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru, biasanya part pada sistem pendukung kemudi hanya memiliki batas sekitar 5 tahun saja dan setelah itu diharapkan langsung diganti supaya tetap prima serta nyaman saat digunakan. Beberapa komponen yang wajib dilakukan penggantian adalah shock breaker depan, bearing, ball joint, swing arm dan masih banyak lainnya, selain itu kondisi ban luar pun turut mempengaruhi sehingga perlu diganti pula apabila sudah nampak tipis.

Beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan power steering jenis elektrik dan secara otomatis tidak diperkenankan untuk terkena air terutama dan itu berarti bisa mengalami kerusakan apabila dipaksakan untuk melewati genangan banjir. Apabila rusak power steering elektrik ini tidak bisa diperbaiki lagi sehingga perlu diganti yang baru.

Bagian yang paling sering dilupakan pemilik kendaraan adalah jarang sekali mengganti oli hydraulic sehingga menyebabkan pompa tidak mampu bekerja secara maksimal, perlu anda ketahui oli khusus pada bagian ini harus dilakukan pergantian secara berkala agar tidak merusak berbagai komponen, apabila jarang diganti atau oli berkurang maka akibatnya adalah pompa tidak mau bekerja secara optimal.

Itulah beberapa tips dalam menjaga maupun merawat power steering, sebaiknya selalu lakukan perawatan secara berkala dan sebaiknya untuk melakukan perbaikan bawa ke bengkel terpercaya atau dealer sesuai merek mobil anda supaya bisa ditangani dengan baik sekaligus mendapatkan pergantian part yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here