Home Aksesoris Bahaya Gunakan Penghemat BBM Pada Kendaraan

Bahaya Gunakan Penghemat BBM Pada Kendaraan

1558
0

OTONITY.com – Bahaya Memakai Penghemat Bahan Bakar Kendaraan. Dengan semakin pesatnya teknologi kini para pelaku usaha otomotif pun mulai ramai menghadirkan alat penghemat bahan bakar supaya bisa mengakali konsumsi bensin agar lebih efisien. Para pemilik kendaraan pun banyak yang tertarik dengan metode ini karena bisa mengurangi pengeluaran, banyak alat penghemat bahan bakar yang tersedia di pasar tanah air mulai dengan bahan menggunakan magnet dipasangkan di saluran bahan bakar hingga ada pula yang memakai cairan khusus dan diklaim mampu menambah bahan bakar sehingga penggunaannya pun menjadi lebih hemat.

Meskipun harus diakui teknik-teknik seperti ini ada benarnya melalui berbagai serangkaian tes memang benar mampu memaksimalkan pembakaran pada mesin kendaraan sehingga membuat daya mesin lebih maksimal, bahkan dengan memakai alat yang tepat kendaraan pun mampu menempuh jarak lebih jauh sehingga secara otomatis dapat mengurangi pengeluaran pemilik ketika ingin bepergian ke tempat yang jauh. Khusus untuk alat penghemat bahan bakar yang memakai magnet sebenarnya ada dua cara dalam pemasangannya sendiri yaitu ditempatkan di sisi luar dan dilingkarkan pada pipa saluran bahan bakar.

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan memutuskan saluran bahan bakar lalu mengalirkan BBM tersebut melalui alat penghemat bahan bakar. Untuk cara yang kedua ini sebenarnya sangat berbahaya sekali karena saat memutus selang bahan bakar dan kemudian disambungkan ke alat penghemat tentu saja harus dilakukan oleh seorang ahli dan memerlukan selang tambahan dengan kualitas yang baik, jika sampai asal memasang atau memakai selang tidak berkualitas maka sangat beresiko sekali mengalami kebocoran.

Sementara itu untuk cara yang pertama sebenarnya jauh lebih aman dan tidak menimbulkan bahaya sama sekali karena tidak perlu memotong selang bahan bakar bawaan pabrik. Sedangkan teknik menghemat bahan bakar yang menggunakan cairan juga tidak mengalami banyak resiko sebab pemilik tinggal mencampurkan cairan tersebut ke dalam tangki bahan bakar yang kemudian di proses oleh mesin untuk menghasilkan tenaga. Namun perlu anda ketahui bahwa cairan tambahan tersebut sebenarnya sangat kurang begitu baik bagi ruang bahan bakar karena mengandung bahan kimia dengan unsur logam tinggi.

Apabila unsur logam tersebut masuk ke dalam mesin dalam jumlah yang banyak maka resikonya adalah akan menyumbat lubang injektor serta muncul kerak pada ruang bahan bakar sehingga dikhawatirkan akan merusak kualitas dari bahan bakar itu sendiri. Namun jika anda memang benar-benar ingin memakai cairan penghemat sebaiknya baca labelnya terlebih dulu dan pilih yang tidak memiliki kandungan unsur logam sama sekali.

Langkah-langkah untuk menghemat bahan bakar melalui alat maupun cairan sebenarnya sama sekali tidak dianjurkan oleh para pabrikan karena bisa memperpendek kualitas mesin yang tentu saja ujung-ujungnya adalah harus mengeluarkan biaya ekstra guna melakukan perbaikan pada kendaraan anda. Jangan sampai niat untuk menekan pengeluaran justru menjadi membengkak akibat penggunaan penghemat bahan bakar yang keliru.

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa anda lakukan supaya kendaraan menjadi lebih hemat bahan bakar misalnya saja menggunakan BBM yang memiliki kualitas bagus dengan RON tinggi karena di dalam kandungan bahan bakar tersebut dapat diproses lebih sempurna dibandingkan dengan memakai RON rendah, selanjutnya adalah cara mengemudi yang tepat yaitu jangan terlalu sering menghentakkan gas lalu melakukan pengereman secara mendadak. Selain membuat boros bahan bakar, cara tersebut juga bakal memperpendek usia ban serta dapat merusak sistem pengereman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here