Home Motor Cara Merawat Sepeda Motor Yang Masih Baru

Cara Merawat Sepeda Motor Yang Masih Baru

1763
0

OTONITY.com – Cara Merawat Motor Baru Dengan Mudah. Bagi anda yang baru saja membeli sepeda motor baru sebaiknya perlakukan dengan cara tepat agar tidak cepat mengalami kerusakan. Sebenarnya cara merawat kendaraan baru ini tidak jauh berbeda dengan motor berusia lama hanya saja ada beberapa langkah yang memang tidak boleh dilakukan sembarangan seperti waktu servis harus tepat waktu sesuai anjuran buku serta beberapa tips lainnya. Banyak orang beranggapan bahwa motor yang baru saja tiba di rumah sudah dapat digunakan untuk kecepatan tinggi atau dipakai seperti kendaraan lama. Padahal cara tersebut sangat keliru karena pada dasarnya mesin motor yang masih baru masih belum siap untuk hal itu dan hanya dianjurkan untuk menggunakan kendaraan maksimal pada kecepatan 50 km/jam sebelum motor mencapai jarak 500 km pada odometer.

Sedangkan untuk merawat bagian eksterior tidak ada perbedaan sama sekali dengan motor lama, namun anda harus menggunakan sampo yang berkualitas dan untuk mengeringkannya lebih baik menggunakan kain kanebo. Agar tetap terlihat mengkilap anda juga bisa menggunakan semprotan khusus pengkilap bodi motor yang memiliki kualitas bagus. Dengan begitu kendaraan pun tetap terlihat bersih dan terawat, alangkah baiknya untuk menghindari kotoran yang sulit dibersihkan jangan sekali-sekali memakai motor baru anda pada saat hujan karena biasanya lumpur akan menempel di beberapa bagian yang sulit dijangkau.

Berikut beberapa tips mudah cara merawat motor baru :

  1. Yang pertama jangan digunakan untuk membawa beban terlalu berat, pabrikan tidak menganjurkan hal tersebut apabila pada odometer anda belum mencapai jarak 500 km, sebaiknya gunakan secara wajar tanpa harus menggunakannya dengan kecepatan tinggi.
  2. Berikutnya pelajari buku panduan dan perhatikan kapan waktu servis gratis secara berskala tersebut berlaku, jangan sampai anda terlambat untuk melakukan servis di dealer yang sudah dianjurkan oleh pabrikan.
  3. Motor yang masih baru tidak disarankan untuk digeber dengan cara ugal-ugalan karena justru bisa merusak beberapa part seperti pengereman dan shock breaker. Kendarai dengan sewajarnya saja dan jangan terlalu sering untuk melewati jalan tidak rata untuk menjaga kualitas ban serta velg.
  4. Selalu lakukan perawatan secara berskala seperti penggantian oli maupun beberapa part yang memang sudah mulai aus jika pada odometer motor anda sudah mencapai jarak 3.000 sampai 4000 km.
  5. Sebaiknya hindari mengisi bahan bakar dari tempat eceran karena biasanya terdapat kotoran-kotoran yang masuk ke dalam tangki, sebaiknya selalu lakukan pengisian di tempat SPBU dan jika perlu isi kendaraan anda dengan BBM yang memiliki RON tinggi karena kualitasnya jauh lebih baik tentunya dibandingkan dengan BBM dengan RON rendah.
  6. Khusus untuk motor empat tak sebaiknya tuangkan sedikit oli ke dalam lubang knalpot setiap satu bulan sekali yang bertujuan agar knalpot menjadi tidak cepat korosi dan berlubang sehingga tetap awet.
  7. Setiap motor yang akan dipergunakan pertama kali atau pada pagi hari sebaiknya selalu panaskan mesin terlebih dulu sekitar 1-2 menit saja, namun perlu anda ingat jangan terlalu lama memanaskan mesin karena justru menjadi berbahaya.
  8. Supaya tetap mengkilap selalu bersihkan motor setiap pagi hari dengan menggunakan kain halus dan penyemprot silikon berkualitas, selain itu cuci motor anda setiap satu minggu sekali dengan memakai sampo khusus.
  9. Hindari memarkirkan kendaraan di bawah terik matahari langsung karena bisa merusak kualitas cat bodi motor. Jika memang terpaksa berikan alas diatasnya atau lebih baik lagi apabila anda menggunakan cover khusus motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here