Home Motor Penyebab Sepeda Motor Mogok, Karena Mesin Panas?

Penyebab Sepeda Motor Mogok, Karena Mesin Panas?

1592
0

OTONITY.com – Penyebab Mesin Motor Mati. Bagi orang awam dan tidak mengerti masalah mesin sepeda motor tentu merasa bingung dan panik ketika tiba-tiba kendaraannya mogok di jalan atau mati saat perjalanan. Memang kejadian seperti ini membuat pemilik menjadi bertambah emosi apalagi saat dirinya sedang terburu-buru karena ada urusan yang penting. Meskipun jarang terjadi namun mesin motor bisa saja mengalami mogok dan biasanya hal tersebut bisa terjadi karena ada kerusakan atau masalah kecil pada bagian mesin.

Seperti yang dijelaskan oleh Venus Adha selaku Assurance Development Head Wahana Makmur Sejati (WMS) setidaknya penyebab mesin sepeda motor mogok ada tiga jenis yaitu karena bahan bakar dalam tangki habis sehingga secara otomatis motor pun sudah tidak mau digunakan. Penyebab kedua adalah tidak ada pengapian dan biasanya diakibatkan oleh busi yang dalam kondisi aus, ketiga yaitu tidak ada kompresi karena mesin mengalami masalah dan jalan satu-satunya adalah harus dibawa ke bengkel.

Bensin Habis

Untuk penyebab yang pertama yaitu dikarenakan bahan bakar habis sepertinya sudah bisa diantisipasi oleh pengendara, apalagi di setiap kendaraan memiliki odometer yang menampilkan informasi mengenai konsumsi BBM. Jadi kejadian seperti ini jarang terjadi dan meskipun pernah dialami pasti pemilik sudah bisa mengetahuinya dengan melihat odometer. Sedangkan penyebab kedua yaitu masalah pengapian pasti pernah dialami oleh pengendara, untuk mengeceknya buka busi kendaraan anda dan jika pada ujungnya sudah berwarna gelap maka dapat dipastikan busi sudah waktunya diganti.

Cara Mengatasi Motor mogok

Busi Aus

Namun terkadang meskipun busi masih dalam keadaan bagus motor bisa saja mengalami mogok jika terkena air saat mencuci atau akibat menerjang banjir. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangat mudah sekali yaitu anda tinggal melepas busi tersebut lalu membersihkannya dengan kain bersih dan coba pasangkan kembali. Khusus untuk motor matik apabila busi dalam keadaan bermasalah bisa dilakukan pengecekan dengan cara menempelkan busi lain ke busi motor lalu lakukan starter dalam keadaan kunci kontak on, jika terdapat percikan api maka dapat dipastikan busi masih dalam kondisi bagus.

Kompresi Mesin Bermasalah

Sedangkan untuk mengetahui kompresi pada sepeda motor apakah masih bekerja atau tidak sebaiknya bawa ke bengkel resmi untuk mengetahui tekanan kompresi dengan menggunakan alat khusus yang bernama Compresion Gauge, sebenarnya anda juga bisa mengecek sendiri tekanan kompresi pada sepeda motor yaitu dengan cara menempelkan ibu jari ke dalam permukaan lubang busi dan apabila saat dilakukan kick starter tidak terdapat tekanan sama sekali itu berarti kompresi pada kendaraan anda sedang dalam masalah. Sebaiknya lakukan cara tersebut dalam keadaan kontak off supaya tidak terjadi percikan api.

Oli Bocor

Ada satu lagi penyebab mesin motor tiba-tiba mengalami mogok yaitu diakibatkan oli dalam mesin kosong karena bocor, jika tidak segera ditangani akibat yang paling fatal adalah motor akan mati secara otomatis dan jalan satu-satunya yaitu harus turun mesin. Kondisi seperti ini sebenarnya bisa saja diatasi apabila pemilik selalu mengecek motor setiap akan digunakan termasuk pada bagian bawah mesin dan apabila terdapat rembesan oli sebaiknya cepat dibawa ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut.

Perlu anda ketahui oli merupakan pelumas yang pastinya membuat mesin lebih ringan sekaligus mengurangi gesekan antara komponen di dalamnya. Jika tidak terdapat pelumas sama sekali mesin pun menjadi bersuara kasar dan jika sudah parah harus segera turun mesin dan biayanya tidaklah murah karena harus mengganti seluruh part yang mengalami kerusakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here