Home Mobil Bahan Bakar Pertalite, Pilihan Baru Bagi Masyarakat!

Bahan Bakar Pertalite, Pilihan Baru Bagi Masyarakat!

1056
0

OTONITY.com – Bahan Bakar Baru Pertalite di Indonesia. Dalam hitungan beberapa pekan lagi PT Pertamina Indonesia siap meluncurkan bahan bakar jenis baru bernama Pertalite yang merupakan BBM  memiliki RON lebih baik dibandingkan dengan BBM premium atau bensin. Dwi Soejipto selaku Direktur Utama PT Pertamina menjelaskan bahwa Pertalite sudah siap untuk dipasarkan dan sudah sesuai dengan kendaraan-kendaraan yang ada di Indonesia sehingga tidak akan ada masalah untuk penyesuaian penggunaannya nanti. Dwi menambahkan seluruh mobil di Indonesia sudah banyak yang memakai BBM dengan RON di atas 90. Secara kualitas memang Pertalite masih di bawah Pertamax namun keunggulan dari BBM ini adalah membuat mesin lebih terawat serta diklaim jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan premium. Pihak Pertamina pun sudah mendaftarkan Pertalite ke Direktorat Jenderal Migas sejak 22 Maret 2013 silam.

Sementara itu mengenai harganya sendiri kabarnya Pertalite ini akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 8.300 – Rp 8.500. Meskipun demikian pihak Pertamina akan mengkaji ulang harga tersebut dengan menyesuaikan evaluasi dari pemerintah. Untuk permulaan BBM baru ini akan dipasarkan di beberapa kota besar terlebih dulu dan hanya fokus di Jawa-Bali, sedangkan untuk daerah lain sepertinya belum bisa diluncurkan secara bersamaan karena melihat terlebih dulu respon dari masyarakat.

Bahan bakar Pertalite

Meskipun dalam waktu dekat Pertalite akan diluncurkan namun pihak Pertamina sendiri tidak pernah berniat untuk menghapus BBM premium RON 88 karena peminatnya masih cukup banyak, sayangnya menurut beberapa penelitian bensin di Indonesia adalah yang paling buruk kualitasnya dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya seperti Malaysia atau bahkan Singapura yang rata-rata memiliki RON di atas 92.

Sementara itu menurut Direktur Pemasaran Pertamina yaitu Ahmad bambang menjelaskan hadirnya Pertalite ini untuk memberikan pilihan lebih banyak kepada konsumen sehingga nantinya Pertamina akan memiliki empat jenis empat jenis BBM yaitu Premium (RON 88), Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92) dan Pertamax Plus (RON 94). Bambang menambahkan selama ini tidak ada maksud untuk mengganti Premium dengan Pertalite dan langkah ini pun sudah disetujui oleh DPR serta para pelaku otomotif di tanah air yang menyambut baik rencana tersebut meskipun akan berdampak dari sisi penjualan kendaraan.

Menurut Bambang hampir seluruh mobil keluaran terbaru di Indonesia sudah dapat mengkonsumsi BBM RON 90-92 seperti mulai dari mobil LCGC Honda Brio hingga mobil keluarga Toyota Avanza, sedangkan untuk beberapa mobil seperti Suzuki Katana belum bisa memakai BBM jenis baru ini karena belum dilengkapi teknologi yang mutakhir. Pertamina sendiri tidak mewajibkan masyarakat untuk memakai Pertalite dan memberikan kebebasan kepada pemilik kendaraan.

Jadi bisa dikatakan Pertalite ini hanya sebagai pilihan baru bagi masyarakat untuk bisa menikmati bahan bakar berkualitas bagus di atas premium, sebelum Pertalite diluncurkan saat ini Pertamina memiliki Premium RON 88 serta Pertamax 92 dan karena terlalu jauh jaraknya maka dilucurkanlah BBM baru yang memiliki RON di antara kedua varian tersebut. Kabarnya premium tidak akan dihapus oleh pemerintah selama harganya masih di bawah Pertalite sehingga bagi masyarakat menengah ke bawah masih bisa menikmati bahan bakar dengan banderol lebih murah. Menarik untuk di tunggu berapa harga pasti dari Pertalite nanti dan semoga saja kualitasnya benar-benar lebih bagus dibandingkan dengan Premium sehingga bisa membuat masyarakat lebih tertarik untuk membeli BBM jenis baru tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here