Home Mobil Mobil Murah Terlaris Bulan Maret 2015 di Indonesia

Mobil Murah Terlaris Bulan Maret 2015 di Indonesia

1681
0
kelebihan keunggulan toyota agya terbaru 2015 indonesia

OTONITY.com – Mobil Murah Paling Laris Indonesia di Maret 2015. Meskipun tidak sebagus tahun lalu ternyata mobil murah atau biasa disebut dengan LCGC masih banyak diminati oleh masyarakat tanah air. Terbukti selama bulan Maret tahun 2015 ini total berhasil terjual hingga 14.450 unit dari lima merek seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Datsun GO dan GO+ serta Suzuki Karimun Wagon R. Sekedar informasi bahwa dari seluruh varian tersebut hampir semuanya merupakan kendaraan hatchback dan hanya Datsun GO+ saja yang berasal dari segmen MPV.

GAIKINDO mencatat selama bulan Maret kemarin secara total terjual hingga 99.406 unit mobil baru atau turun mencapai 13 persen dibandingkan Maret 2014 lalu yang secara fantastis menyentuh angka mencapai 113.067 unit. Sama seperti bulan-bulan sebelumnya bahwa Toyota Agya masih menjadi yang paling laris di kelas mobil murah yaitu terjual hingga 5.238 unit selama Maret 2015. Sementara itu di urutan kedua ada kembarannya yang berasal dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yakni Daihatsu Ayla dengan total penjualan mencapai 3.479 unit. Di posisi ketiga ada mobil murah andalah PT Honda Prospect Motor (HPM) Honda Brio Sayta yang meraih angka hingga 2.797 unit sepanjang bulan Maret. Datsun GO+ Panca sukses terjual sebanyak 1.624 unit dan Suzuki Karimun Wagon R di urutan berikutnya yang mampu menyentuh angka 1.312 unit.

Khusus untuk Toyota Agya sepertinya di bulan-bulan berikutnya bakal semakin laris karena pihak Toyota Astra Motor (TAM) baru saja merilis generasi terbaru dengan tambahan fitur keselamatan dan kenyamanan seperti jok khusus bayi meskipun secara tampilan dan juga spesifikasi mesin tidak mengalami perubahan sama sekali, harganya pun juga sedikit lebih mahal yaitu mencapai Rp 4 jutaan dibandingkan model sebelumnya.

Mobil Datsun Naik Harga Januari 2015

Pasar mobil LCGC memang masih kalah jika dibandingkan dengan mobil MPV yang hingga saat ini terus mendominasi penjualan, sebut saja Toyota Avanza sebagai model paling laris sukses terjual hingga 13.120 unit di bulan Maret. Di urutan berikutnya ada Toyota Kijang Innova yang mampu meraih 3.828 unit dan Daihatsu Xenia 3.290 unit. Selain MPV varian SUV pun juga mengalami kenaikan yang lumayan bagus berkat beberapa model terbaru di awal tahun ini. Sebut saja Honda HR-V secara mengejutkan mampu menjadi yang paling laris di antara mobil Honda lainnya dengan total penjualan mencapai 4.815 unit. Ada juga Toyota Rush meraih penjualan sebanyak 2.772 unit dan Nissan X-Trail 1.861 unit.

Baca juga: Harga Mobil Baru Termurah

Dari data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) bahwa di kuartal 1 tahun ini menurun hingga 15-16 persen dibandingkan periode sama di tahun lalu. Menurut Ketua GAIKINDO yaitu Sudirman M. Rusdi sebenarnya angka tersebut masih tergolong normal karena biasanya di tiga bulan awal tahun memang selalu sepi permintaan. Sudirman menambahkan penurunan ini disebabkan daya beli masyarakat yang masih belum stabil akibat berbagai faktor seperti melemahnya kurs nilai tukar rupiah terdahap dolar.

Meskipun sedang menurun cukup drastis pihak GAIKINDO tetap menargetkan bisa menjual hingga 1,2 juta unit mobil di tanah air dan 200 ribu unit untuk ekspor. Dan di kuartal pertama tahun ini Toyota masih menjadi yang paling laris dengan perolehan sebanyak 85.828 unit atau untuk bulan Maret ini mencapai 31.845 unit, sementara itu di urutan kedua ada Daihatsu yang berselisih cukup jauh yaitu hanya 45.317 unit untuk kuartal 1 dan 16.268 unit di bulan Maret. Daihatsu sepertinya mendapatkan ancaman serius dari Honda yang di bulan kemarin mengandalkan Honda HR-V, secara total HPM sukses menjual mobil hingga 13.591 unit pada Maret dan 44.488 unit untuk kuartal pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here