Home Daihatsu Penjualan Daihatsu Xenia Membaik, Geser Suzuki Ertiga

Penjualan Daihatsu Xenia Membaik, Geser Suzuki Ertiga

1843
0

OTONITY.com – Mobil Daihatsu Xenia Terbaru Laris Terjual. Salah satu mobil keluarga andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yaitu Daihatsu Xenia ternyata mencatat penjualan cukup positif di kuartal 1 tahun 2015 ini. Menariknya mobil  ini mampu menggusur Suzuki Ertiga yang sejak beberapa bulan sebelumnya selalu berada di atasnya. Di tengah tekanan penjualan mobil di awal tahun ternyata Suzuki Ertiga tidak mampu bertahan dan bahkan langsung keluar dari persaingan lima besar sebagai mobil terlaris di Indonesia. Padahal di tahun lalu mobil MPV andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini terus berada di jajaran lima teratas yang juga bersanding dengan Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Menurut Sudirman MR selaku President Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) persaingan tahun ini semakin ketat jika dibandingkan sebelumnya mengingat beberapa bulan sebelumnya ada pesaing baru yang ikut meramaikan pasar MPV seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Jadi tidak mengherankan jika pihaknya cukup bangga dengan raihan Daihatsu Xenia yang mampu menggusur Suzuki Ertiga dengan penjualan sebesar 9.656 unit selama bulan Maret 2015. Ada satu faktor yang menyebabkan mobil MPV Daihatsu tersebut meraih penjualan positif yaitu kini ADM sudah melengkapinya dengan fitur airbag sebagai sistem keamanan standar.

Sementara itu Suzuki Ertiga yang kabarnya akan mengalami penyegaran hanya terjual sebanyak 8.125 unit saja atau selisih 1.531 unit jika dibandingkan pesaingnya tersebut. Meskipun demikian bisa saja penjualan Suzuki Ertiga kembali naik apabila mendapatkan penyegaran baru sehingga menarik perhatian lebih banyak konsumen tanah air. Kehadiran Suzuki Ertiga Facelift memang sudah cukup lama terdengar dan baru-baru ini Suzuki Maruti India kabarnya telah mempersiapkan model terbaru tersebut dengan dilengkapi berbagai fitur canggih seperti layar sentuh bernama Head unit Smartplay.

Suzuki Ertiga 2014 Indonesia

Sayangnya belum ada kabar dari pihak Suzuki Indonesia mengenai kapan Ertiga bisa segera mendapatkan penyegaran untuk pasar tanah air. Padahal mobil ini sempat menarik perhatian banyak pecinta otomotif ketika diperkenalkan di Indonesia pada beberapa tahun yang lalu. Apalagi secara desain, fitur, harga maupun spesifikasi sangat sesuai sekali dengan karakteristik konsumen dalam negeri. Sekedar informasi Suzuki Ertiga mengusung mesin K14B berkapasitas 1.373 cc 4 in line 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 95 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 130 Nm di putaran 4.000 rpm.

Memang perlu diakui beberapa varian MPV di tahun 2015 ini mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan periode tahun lalu, salah satu contohnya adalah Honda Mobilio yang justru turun drastis setelah kehadiran SUV Honda HR-V. Tidak hanya itu saja Toyota Avanza pun mengalami nasib serupa meskipun tidak terlalu turun banyak dan sampai saat ini masih mendominasi penjualan mobil MPV di tanah air.

Kita lihat saja perkembangan selanjutnya apakah hingga akhir tahun nanti varian MPV masih menjadi yang paling banyak diminati oleh masyarakat atau justru SUV dengan berbagai varian baru di awal tahun ini terus mengalami kenaikan permintaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here