Home Motor Motor Bebek Suzuki Satria F115 Terbaru Akan Diperkenalkan Mei 2015

Suzuki Satria F115 Terbaru Akan Diperkenalkan Mei 2015

1730
0

OTONITY.com – Motor Suzuki Satria F115 2015 di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W ternyata sedang mempersiapkan adik dari Suzuki Satria FU150 dengan mesin lebih kecil yang kemudian diberi nama New Suzuki Satria F115. Motor bebek underbone ini kabarnya memang sengaja dihadirkan untuk menambah pilihan bagi konsumen dan direncanakan bakal meluncur pada bulan Mei 2015 mendatang. Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh salah seorang sumber internal dari SIS yang menjelaskan bahwa New Suzuki Satria 115 sudah siap untuk diperkenalkan. Bahkan beberapa foto pun sudah mulai beredar di dunia maya meskipun tidak tampak secara detail.

Jika dilihat sosoknya dari foto tersebut memang secara desain dan juga kelir tidak ada banyak perubahan dibandingkan kakaknya. Yang sangat membedakan adalah adanya tulisan F115 di bagian samping sekaligus menandakan bahwa motor ini memang akan mengusung mesin 115 cc. Sumber internal Suzuki Indonesia tersebut juga menjelaskan bahwa New Suzuki Satria F115 bakal memakai teknologi fuel injection sehingga lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sementara itu untuk basis mesinnya sendiri motor terbaru ini kabarnya akan sama persis dengan Suzuki Sooter. Sumber tersebut menambahkan ada beberapa perubahan mesin yang menjadi pembeda, misalnya saja penggunaan transmisi manual empat percepatan tanpa dibekali kopling sehingga nampak seperti motor bebek biasa. Meskipun demikian tidak akan mengurangi sensasi berkendara pada Suzuki Satria F115 ini. Namun sayangnya belum ada kabar mengenai berapa harga yang akan di tawarkan ke para calon pembeli.

Suzuki Satria F115 2015 Indonesia

Yang pasti dengan memakai mesin lebih kecil dan beberapa ubahan lainnya dapat dipastikan New Suzuki Satria F115 tidak akan lebih mahal dibandingkan dengan kakaknya yang saat ini dibanderol sekitar Rp 20 jutaan. Jika benar motor underbone terbaru dari Suzuki tersebut diluncurkan maka akan menjadi pesaing serius bagi Yamaha Jupiter Z1 yang menjadi andalan dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

New Suzuki Satria F115 yang ada di Indonesia ini sebenarnya memiliki tampilan mirip seperti Suzuki Raider J115 FI yang terlebih dulu dipasarkan di Filipina pada tahun 2014 silam. Dilihat dari versi Filipina tersebut dibandingkan Suzuki Satria FU150 adalah tidak terdapatnya cakram belakang dan tidak memakai monoshock serta tersedia dalam dua tipe yaitu CW dan SW. Bisa jadi Suzuki Satria F115 2015 yang akan dijual di Indonesia nanti bakal memakai basis yang juga sama dengan versi Filipina tersebut.

Sementara itu menurut Yohan Yahya selaku GM Marketing 2W PT SIS mengatakan rencananya Suzuki Satria F115 ini akan diluncurkan sebelum atau mendekati perayaan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2015 yang digelar pada pertengahan tahun ini. Mesin yang lebih kecil ditambah desain sporty dan dibanderol cukup murah sepertinya pihak Suzuki akan menyasar ke konsumen usia muda seperti anak-anak SMA karena memiliki karakter sporty dan stylish.

Jika melihat dapur pacu dari Suzuki Raider J115 dari versi Filipina itu berarti motor ini akan memakai mesin berkapasitas 113 cc 4 tak satu silinder dengan sistem SOHC berpendingin udara serta memakai sistem dua katup yang didukung teknologi fuel injection dengan tenaga mencapai 9,3 PS pada putaran 8.000 rpm serta torsi puncak mencapai 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Motor terbaru ini memakai transmisi manual empat percepatan dengan sistem starter elektrik dan kick starter, selain itu perlu diketahui juga bahwa varian ini memiliki kapasitas tangki mencapai 3,7 liter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here